DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TMP B BANDAR LAMPUNG

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
Artikel

Digowes aja...

08 Desember 2017

Hari Minggu, 3 Desember 2017 merupakan hari yang sangat bersejarah bagi CCL (Customs Cycling Lampung). Salah satu cabang olahraga dari BAPORSENI KPPBC TMP B Bandar Lampung ini untuk pertama kalinya mengadakan kegiatan bersepeda di Bandar Lampung yang dilaksanakan oleh pegawai KPPBC TMP B Bandar Lampung yang juga memiliki hobi gowes.

Kegiatan gowes ini ternyata dinilai positif oleh para pegawai Bea Cukai Bandar Lampung karena banyak yang memiliki minat untuk turut serta dalam kegiatan gowes pertama kali tersebut. Sebanyak 16 (enam belas) pegawai Bea Cukai Bandar Lampung termasuk Ketua dan Wakil Cabang Olahraga Sepeda BAPORSENI, Bpk. Sulis dan Bpk. Bayu dan 2 (dua) pegawai sebagai Tim Rescue dari CCL turut hadir dalam kegiatan gowes itu.

Pukul 06.00 pagi waktu Indonesia bagian Bandar Lampung seluruh peserta gowes berkumpul di Rumah Dinas Bea Cukai (Gg. Nuri) untuk melakukan persiapan. Mulai dari persiapan fisik kemudian mental bahkan alat untuk bertempur saat gowes dilaksanakan (konsumsi) J. Tak lupa juga mempersiapkan sepeda yang menjadi alat utama untuk berlangsungnya kegiatan ini.

 

Start dimulai dari Rumah Dinas Bea Cukai (Gg. Nuri) pukul 07:15 pagi menuju Universitas Bandar Lampung (yang menjadi tujuan pertama) melewati Jalan P. Emir Moh. Noer (jalur dua) kemudian Jalan Cut Nyak Dien menuju Jalan Tamrin hingga melewati Gang PU.

 

Seluruh peserta sangat bersemangat mengayuh sepeda mereka masing-masing. Disinilah tantangan dimulai. Jalur pertama inilah yang menjadi tantangan diawal peserta gowes pagi ini. Seluruh peserta gowes dihadapkan oleh jalur panjang menanjak  yang diperkirakan memiliki kemiringan mencapai ±60° yang mengakibatkan seluruh peserta harus turun dari sepeda dan menuntun sepeda mereka masing-masing. Satu persatu peserta gowes turun dan menuntun sepeda mereka sambil berjalan hingga menyelesaikan jalur panjang menanjak tersebut. Hanya ada beberapa peserta saja lah yang dapat menghadapi rintangan jalur panjang menanjak tersebut. Mental para peserta gowes pun hampir jatuh setelah melewati rintangan jalur panjang menanjak tersebut tetapi semua itu dapat terkalahkan oleh SEMANGAT KEBERSAMAN yang dimilki oleh Bea Cukai Bandar Lampung.

Rintangan pun telah dilewati oleh para peserta gowes. Hingga pukul 08:15 pagi beberapa peserta gowes telah tiba di lokasi Universitas Bandar Lampung. Beberapa peserta sedang beristirahat sambil menikmati konsumsi yang sudah dibawakan oleh Tim Rescue dari CCL dan menunggu perserta lainnya yang belum sampai di lokasi tersebut (mereka lah orang-orang yang masih berjuang mengayuh sepedanya demi mencapai tujuannya) J. Tidak sampai 15 (lima belas) menit seluruh peserta gowes pun tiba di lokasi pertamanya.

Pukul 08:30 pagi seluruh peserta mulai menggowes sepedanya kembali menuju tujuan yang kedua yaitu Stadion Pahoman, Bandar Lampung. Jalur yang dilalui kali ini adalah melewati Mall Boemi Kedaton hingga mencapai Plaza Pos Indonesia kemudian menuju Tugu Adipura (Patung Gajah) dan sampai di Stadion Pahoman, Bandar Lampung. Disini seluruh peserta tidak dihadapkan oleh jalur yang sulit seperti rintangan yang pertama tetapi banyak menjumpai kendaraan-kendaraan yang berlalulintas. Kehati-hatian menjadi prioritas utama  yang harus dimiliki oleh seluruh peserta gowes saat melalui jalur ini. Satu sama lain para peserta pun saling mengingatkan untuk tetap berhati-hati saat melalui jalur ini karena banyaknya kendaraan yang melintas. Dan akhirnya jalur kedua ini pun telah dilalui dengan lancar tanpa adanya kendala apapun yang dihadapi oleh para peserta gowes.

Tiba lah seluruh peserta gowes di lokasi Stadion Pahoman, Bandar Lampung. Hal menarik yang menjadi tujuan seluruh peserta gowes di lokasi kali ini adalah SARAPAN BERSAMA. Lelah dan lapar yang dirasakan oleh para peserta gowes pun setelah melewati jalu-jalur unik tersebut harus mereka selesaikan secara adat disini J. Sambil menikmati hidangan sarapan pagi, para peserta gowes pun saling bertukar cerita tentang apa yang telah mereka lalui saat di perjalanan melalui jalur-jalur yang sudah dihadapi, baik jalur yang pertama maupun yang kedua. Canda dan tawa lah yang kami rasakan setelah mendengar hasil cerita dari para peserta gowes. Sarapan bersama bercampur dengan candaan dan tawa pun selesai.

Saatnya menuju garis finish. Tujuan terakhir dari kegiatan gowes ini adalah kembali lagi menuju Rumah Dinas Bea Cukai (Gg. Nuri). Seluruh peserta bergegas untuk mencapai garis finish  bersama-sama. Tetapi masih ada satu hal yang belum lengkap yang menurut  para peserta gowes masih mengganjal di hati mereka karena belum dilaksanakan, yaitu FOTO BERSAMA. Foto bersama ini dilakukan di depan “Mahan Agung Rumah Jabatan Gubernur Lampung”. Dengan menampilkan banner bertuliskan “Customs Cycling Lampung”  dan tak lupa juga dengan lambang “Bea Cukai” yang kita banggakan. Peserta gowes pun membentuk sebuah barisan memanjang bersama sepedanya masing-masing. Berbagai pose dilakukan demi mengabadikan momen tersebut.

 

Foto telah dilaksanakan dan saatnya seluruh peserta benar-benar harus menuju garis finish. Pukul 10:00 pagi para peserta akhirnya tiba di lokasi finish bersama-sama. Seluruh peserta menaruh sepedanya masing-masing (parkir) dan beristirahat. Kembali lagi dengan candaan & tawa para peserta gowes yang saling bertukar cerita sambil mengingat lagi apa yang telah terjadi pada mereka sepanjang perjalan melewati jalur-jalur gowes kali ini J.

 

KEBERSAMAAN DALAM KESEDERHANAAN”, - Bapak Sulis (Ketua Bidang Olahraga Sepeda BAPORSENI KPPBC TMP B Bandar Lampung). J

 

Salam GOWEESSS...!!!

 

Ini aksi kami J :

https://youtu.be/1RbEsPDLQjM

 

#TeamGajahGowes

#CustomsCyclingLampung

#BAPORSENI #BeaCukaiBandarLampung

 

[Febriyan Indra Dwi Sukma]




   Hak Cipta KPPBC TMP B Bandar Lampung @ 2016
Jl. Yos Sudarso Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung 35241