DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TMP B BANDAR LAMPUNG

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
Artikel

Elva Nelly, Salah Satu Sosok Kartini Bea Cukai Bandar Lampung

21 April 2018

Elva Nelly adalah salah satu perempuan Indonesia yang memutuskan untuk berkarir di Bea Cukai. Awalnya, alasan perempuan yang akrab disapa Eva ini memutuskan berkarir di Bea Cukai karena senang melihat perempuan berseragam dalam bekerja. Alasan lainnya yaitu Eva ingin menjaga negara dari pengaruh-pengaruh negatif yang berasal dari luar negeri. 

Menginjak usia 20 tahun masa karirnya, Eva mempunyai kesan tersendiri selama berkarir di Bea Cukai. Menurutnya, Bea Cukai memberikan kesempatan sebesar-besarnya kepada pegawai perempuan untuk bisa semakin berkarya dengan tetap memperhatikan kodratnya dan ini sudah dibuktikan sendiri olehnya.

Saat ini Eva menjabat sebagai Kepala Seksi Pelayanan dan Kepabeanan Cukai II Bea Cukai Bandar Lampung. Sebelumnya, Eva pernah bertugas sebagai Kepala Subseksi Penagihan dan Pengembalian di Bea Cukai Belawan, Auditor di Kantor Wilayah DJBC Jawa Timur, serta sebagai Pejabat Fungsional Pemeriksa Dokumen di Bea Cukai Belawan, Tanjung Priok, dan Soekarno-Hatta.

Tugas yang mengharuskan Eva berpindah dari satu daerah ke daerah lainnya, tidak membuat Eva lupa akan perannya sebagai seorang istri dan seorang ibu. Eva selalu memanfaatkan teknologi yang ada untuk tetap bisa membagi waktunya dengan keluarga tercinta.

Eva selalu memberikan penghargaan yang sama antara perempuan karir dan perempuan yang murni menjadi ibu rumah tangga. Karena baginya, keduanya memiliki tanggung jawab yang sama besar. Menurutnya, perempuan karir adalah perempuan yang bisa menjalankan fungsinya dengan tepat baik sebagai ibu maupun sebagai pekerja. Untuk menjadi perempuan karir tentu diperlukan dukungan dari anggota keluarga. Sehingga menurut Eva, perempuan karir adalah perempuan hebat yang bisa membagi tanggung jawabnya baik sebagai ibu maupun sebagai pekerja.

Saat ditanya pendapatnya tentang sosok Kartini, perempuan yang punya senyum hangat ini mengatakan bahwa menurutnya sosok Kartini adalah seorang pejuang perempuan yang dengan teguh memperjuangkan agar setiap perempuan mendapatkan kesempatan seluas-luasnya dalam pendidikan karena perempuan merupakan tiang negara dan tiang dalam rumah tangga.

Pesan Eva untuk seluruh perempuan di Indonesia, “Apapun profesi yang kamu pilih, lakukanlah dengan penuh tanggung jawab dan kepada perempuan di Bea Cukai, teruslah berkarya, jangan pernah berhenti karena sekecil apapun karya kalian, yakinlah itu memberi perubahan yang besar bagi Bea Cukai dan negara. Selamat Hari Kartini kepada seluruh perempuan di Indonesia”.




   Hak Cipta KPPBC TMP B Bandar Lampung @ 2016
Jl. Yos Sudarso Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung 35241