DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TMP B BANDAR LAMPUNG

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
Artikel

PEKAN DISIPLIN? JALANIN SAJA.

13 Juli 2018

Pekan disiplin merupakan kegiatan rutin per tiga bulanan yang dilakukan di setiap kantor Bea Cukai di seluruh Indonesia. Begitu juga dengan Bea Cukai Bandar Lampung. Minggu ini merupakan minggu pekan disiplin. Pekan disiplin? Bagaimana menyikapinya? Harus takut? Deg-degan? Atau dijalani saja sewajarnya? Dan respon yang dipilih Bea Cukai Bandar Lampung adalah jalani saja sewajarnya. Mengapa? Karena memang sebagai aparatur sipil negara sudah merupakan kewajiban setiap pegawai untuk disiplin dan terus memiliki performa tinggi untuk melayani masyarakat.

Seperti biasanya, sebagi tanda telah dimulainya pekan disiplin, diadakan Apel Pencanangan Pekan Disiplin. Memberikan arahan atau petunjuk kepada pegawai sekaligus mengingatkan bahwa Pekan Disiplin telah dimulai. Selain itu, para petugas penegak disiplin yang sebelumnya sudah ditunjuk melakukan briefing pelaksanaan. Briefing ini kebetulan dipimpin oleh Plh. Kepala Kantor dikarenakan kepala kantor berhalangan hadir dikarenakan tugas yang sedang dijalankan. Petugas penegak disiplin merupakan perwakilan dari tiap-tiap seksi untuk memantau disetiap ruangannya.

Seksi Kepatuhan Internal yang merupakan penanggung jawab kegiatan ini pun melakukan rencana kerja tim penegak disiplin. Karena pengawasannya tidak hanya untuk pegawai di dalam kantor, melainkan juga berkeliling ke kawasan berikat untuk melihat kinerja masing-masing kepala hanggar di kawasan berikat. Memantau kehadiran pegawai, apakah tepat waktu atau tidak, maupun hadir ataupun tidak. Selain itu melakukan monitoring apakah pegawai sudah menggunakan pakaian yang rapih dan sesuai dengan aturan atau tidak dan melihat apakah administrasi dimasing-masing bagian berjalan seharusnya. Perlakukan disamakan untuk pegawai di dalam kantor maupun di luar kantor.

Satu minggu ini pengawasan terus dijalankan dan hari ini yang merupakan hari terakhir pelaksanaan pekan disiplin, ternyata tidak terjadi pelanggaran yang terlalu berat di Bea Cukai Bandar Lampung. Pegawai tetap hadir kekantor tepat waktu dan pulang tetap pada jam yang dijadwalkan. Seandainya ada kebutuhan yang sangat penting dan harus meninggalkan kantor, pegawai pun tetap melakukan izin terlebih dahulu kepada pihak pekan disiplin maupun seksi kepatuhan internal. Pelanggaran yang ditemukanpun sebatas beberapa ruangan belum tertib administrasi (lupa membersihkan atau merapihkan berkas di meja), maupun tidak menggunakan bivak jika keluar kantor.

Pekan disiplin merupakan ajang untuk pegawai melakukan pengukuran seberapa disiplinnya mereka dan sebagai ajang untuk menjadi pegawai yang lebih baik lagi. Sekali lagi ditekankan, bahwa pekan disiplin atau tidak, pegawai tetap harus disiplin. Karena kedisiplinan merupakan kunci dari suatu kesuksesan.

 




   Hak Cipta KPPBC TMP B Bandar Lampung @ 2016
Jl. Yos Sudarso Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung 35241