DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TMP B BANDAR LAMPUNG

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
Artikel

Terapkan “KLIK-Jujur” Sebagai Sikap Dasar DJBC

09 Juli 2018

Transformasi kelembagaan terus menerus dilakukan oleh Kementerian Keuangan secara umum dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai secara khusus. Transformasi kelembagaan 2013 melanjutkan penyempurnaan institusional DJBC yang sudah berjalan. Untuk tetap menyempurnakan transformasi kelembagaan tersebut, Direktur Jenderal Bea Cukai, Heru Pambudi mengatakan bahwa program penguatan reformasi kepabeanan dan cukai adalah program bersama dan keberhasilan program penguatan tersebut sangat memerlukan komitmen, rasa memiliki, dan jiwa kepemimpinan. Landasan utama dalam bangunan penguatan reformasi Kepabeanan dan Cukai adalah budaya organisasi dan kepemimpinan. Budaya organisasi dapat diartikan sebagai tata nilai yang disepakati organisasi sebagai pedoman para pegawai dalam melaksanakan tugas dan sebagai perilaku dasar yang dianut bersama.

Salah satu budaya organisasi DJBC yang perlu diperkuat adalah sikap dasar. Perlunya pegawai DJBC mengetahui sikap dasar dari instansinya, yaitu dikarenakan lingkungan dan kondisi yang mendukung lunturnya Budaya DJBC, perilaku dan cara pandang yang beragam sesuai dengan perspektif masing-masing pegawai, banyaknya pegawai muda, serta belum adanya kesepakatan bersama secara formal atas sikap sesuai karakteristik DJBC. Oleh karena itu, perlu adanya standar perilaku dan semangat setiap pegawai yang disebut Sikap Dasar Pegawai DJBC.

Sikap dasar merupakan perwujudan dari masing-masing nilai Kementerian Keuangan. Seperti yang kita ketahui bersama, nilai-nilai Kementerian Keuangan, yaitu Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan, dan Kesempurnaan. Yang kita bahas saat ini adalah Sikap Dasar Pegawai DJBC, yaitu Jujur, Loyal, Korsa, Inisiatif , Korektif dan dapat disebut KLIK-Jujur karena dalam praktiknya : Sikap Loyal, Korsa dan Inisiatif harus di-bonding atau diikat dengan sikap Korektif dan semua sikap diatas harus dijiwai dengan sikap dasar Jujur.

1. Jujur - Setiap pegawai DJBC harus melakukan tugas dengan benar, dapat dipercaya baik dalam perkataan ataupun perbuatan, sesuai dengan standar peraturan yang berlaku.

2. Loyal - Setiap pegawai DJBC harus mempunyai rasa memiliki dan rasa kebersamaan diantara pegawai dalam rangkamelaksanakan tugas

3. Korsa - Setiap pegawai DJBC harus memberikan dukungan penuh serta memiliki komitmen yang tinggi untuk berkontribusi terhadap kemajuan organisasi dengan cara bekerja dengan sungguh sungguh demi menjaga nama baik institusi.

4. Inisiatif - Setiap pegawai DJBC harus mampu menyelesaikan permasalahan pekerjaan atau memberikan solusi tanpa menunggu adanya perintah demi terwujudnya pengawasan dan pelayanan yang lebih baik.

5. Korektif - Setiap pegawai DJBC harus senantiasa mau mengakui, mengingatkan serta memperbaiki kesalahan (orang lain) untuk perubahan ke arah yang lebih baik.

Bea Cukai sungguh memiliki harapan secara penuh terhadap generasi muda dan terus mengajak untuk menjadi agen perubahan. Karna kalau bukan sekarang, kapan lagi? Kalau bukan kita, siapa lagi? Bersama bersinergi demi #BeaCukaiMakinBaik




   Hak Cipta KPPBC TMP B Bandar Lampung @ 2016
Jl. Yos Sudarso Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung 35241