DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TMP B BANDAR LAMPUNG

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
Berita

Ada Keluhan Soal Bea Cukai Lampung? Curhat Geh!

01 Juli 2019

Bandar Lampung, 17-28 Juni 2019. Ada keluhan atau aspirasi terkait pelayanan di Bea Cukai Lampung? Curhat Geh! Untuk mendengarkan serta menampung pendapat dan aspirasi masyarakat, khususnya pengguna layanan Bea Cukai Lampung, Bea Cukai Lampung mengadakan kegiatan baru nih. Kegiatannya diberi nama “Curhat Geh”.

“Curhat Geh” merupakan diskusi informal (one-on-one) antara stakeholder (pengguna jasa kepabeanan dan cukai) dengan Bea Cukai Lampung sebagai wadah untuk melakukan konseling dan memberikan feedback terhadap layanan yang diberikan oleh Bea Cukai Lampung. Kegiatan ini juga dapat dimanfaatkan oleh pengguna jasa sebagai ajang sharing terkait proses bisnis dan kendala atau hambatan yang dihadapi dalam proses bisnis mereka, terutama dalam hal perizinan kepabenan dan cukai. Selain melakukan konsultasi secara lisan, dalam “Curhat Geh” pengguna jasa juga dapat mengungkapkan pendapat dan aspirasinya secara tertulis yang dituangkan dalam “Lembar Curhat” yang kemudian dimasukkan ke dalam “Bowl Curhat”.

“Curhat Geh” merupakan hasil kolaborasi antara Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi (PLI) dan Seksi Kepatuhan Internal (KI) Bea Cukai Lampung sebagai tindak lanjut hasil rapat pembahasan rencana aksi hasil Survei Kepuasan Pengguna Jasa (SKPJ) Bea Cukai Lampung. Dalam kegiatan ini, hal yang menjadi fokus Seksi PLI yaitu feedback terkait sistem pelayanan termasuk sarana dan prasarana, sementara fokus Seksi KI yaitu feedback terkait sikap dan perilaku pegawai dalam memberikan pelayanan.

Keunikan dari “Curhat Geh” yaitu kegiatan yang dibalut dengan nuansa khas Lampung, seperti penggunaan kata “Geh” dalam judul yang merupakan istilah khas masyarakat Lampung saat mengakhiri kalimat, dimana kata tersebut memiliki arti yang sama dengan kata “Dong” dalam Bahasa Indonesia. Hal lainnya yaitu dengan menyuguhkan makanan dan minuman khas daerah seperti kopi Lampung.

Kegiatan piloting dilaksanakan selama 10 hari kerja terhitung sejak 17 hingga 28 Juni 2019. Peserta kegiatan merupakan pengguna jasa baik yang diundang secara langsung maupun pengguna jasa yang sedang mengunjungi kantor Bea dan Cukai Bandar Lampung. Pengguna jasa akan ditawarkan untuk mengikuti kegiatan “Curhat Geh”. Pengguna jasa yang bersedia mengikuti akan diarahkan ke Ruangan PLI. Kegiatan diawali dengan perkenalan singkat dari pihak Bea Cukai Lampung sekaligus menyampaikan tujuan kegiatan. Selanjutnya para pengguna jasa akan diberikan pertanyaan seputar proses bisnis perusahaannya untuk membangun rapport. Kondisi akan dibuat senyaman mungkin agar para pengguna jasa dapat dengan mudah menyampaikan pendapat dan aspirasinya.

Selama masa piloting, sudah ada 29 pengguna jasa yang mengikuti sesi “Curhat Geh”. Dari kegiatan ini, tercatat beragam pendapat pendapat dan aspirasi pengguna jasa, di antaranya terkait sistem pelayanan, sarana dan prasana penunjang, serta sikap dan perilaku pegawai yang bertugas. Para pengguna jasa berharap kegiatan ini juga dapat dimanfaatkan oleh pengguna jasa sebagai ajang sharing terkait proses bisnis dan kendala atau hambatan yang dihadapi dalam proses bisnis mereka, terutama dalam hal perizinan kepabenan dan cukai yang bisa menjadi masukan bagi kebijakan baru serta perbaikan dan peningkatan pelayanan Bea Cukai Lampung.


Berita Lainnya


   Hak Cipta KPPBC TMP B Bandar Lampung @ 2016
Jl. Yos Sudarso Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung 35241