DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TMP B BANDAR LAMPUNG

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
Berita

Bea Cukai Bandar Lampung Berhasil Mengagalkan Peredaran Rokok Ilegal

12 November 2018

Lampung, 12 November 2018. Bea Cukai Bandar Lampung telah melakukan penindakan terhadap pemasaran dan distribusi BKC (Barang Kena Cukai) ilegal di wilayah Provinsi Lampung. Penindakan ini dilaksanakan oleh Tim Penindakan Seksi P2 Bea Cukai Bandar Lampung.

Penindakan atas BKC ilegal ini dilaksanakan di 2 (dua) tempat di Provinsi Lampung dengan jangka waktu yang berbeda. Penindakan pertama yaitu pada hari kamis, 1 November 2018 Tim Penindakan Bea Cukai Bandar Lampung berhasil menggagalkan distribusi dan penjualan BKC ilegal dalam bentuk Hasil Tembakau (rokok) sebanyak hamper 8 karton rokok atau 91.600 batang. Setelah diperiksa, modus yang digunakan oleh pelaku yaitu dengan memasukan rokok ilegal tersebut ke dalam kardus dengan berlabel merk rokok terkenal. Rokok ilegal hasil penindakan kali ini adalah rokok polos atau tanpa pita cukai.

Penindakan kedua yaitu pada hari jumat, 9 November 2018 Tim kembali melakukan penindakan atas BKC ilegal. Masih di daerah Lampung, kali ini rokok polos sebanyak 61.400 batang berhasil ditegah oleh Tim Bea Cukai Bandar Lampung.

Berdasarkan hasil perhitungan tim penindakan, total keseluruhan rokok ilegal yang berhasil ditegah yaitu 153.000 (serratus lima puluh tiga ribu) batang dengan nilai barang Rp 109.395.000 dan total potensi kerugian negara yaitu Rp 62.271.000.

Dari keterangan yang ada, rokok ilegal tersebut berasal dari Jawa timur dengan tujuan wilayah distribusi dan pemasaran di daerah Lampung dan sekitarnya. Dengan adanya penindakan ini diharapkan dapat menurunkan tingkat peredaran rokok ilegal khususnya di Lampung serta dapat mengamankan penerimaan negara.

Bea Cukai... Makin Baik…


Berita Lainnya


   Hak Cipta KPPBC TMP B Bandar Lampung @ 2016
Jl. Yos Sudarso Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung 35241