DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TMP B BANDAR LAMPUNG

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
Berita

Bea Cukai Bandar Lampung Kembali Sosialisasikan Aturan Pita Cukai

10 September 2018

Bandar Lampung, Pesawaran (5-6/9/2018) – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Bandar Lampung (Bea Cukai Bandar Lampung) kembali mengadakan sosialisasi tentang aturan pita cukai. Daerah yang menjadi target sosialisasi kali ini adalah Kecamatan Teluk Betung Timur dan Kecamatan Way Halim, Bandar Lampung serta Kecamatan Tanjung Pandang, Pesawaran.

Materi sosialisasi yang disampaikan yaitu terkait bentuk fisik dan desain pita cukai hasil tembakau sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor PER-29/BC/2017 tentang Bentuk Fisik dan/atau Spesifikasi Desain Pita Cukai Hasil Tembakau dan Pita Cukai Minuman yang Mengandung Etil Alkohol Tahun 2018. Target sosialisasi kali ini yaitu para pedagang hasil tembakau eceran.

Untuk mempermudah pemberian informasi, tim membawa contoh rokok ilegal di antaranya rokok yang menggunakan pita cukai palsu, rokok yang menggunakan pita cukai namun tidak sesuai dengan peruntukannya, serta rokok yang tidak menggunakan pita cukai (rokok polos). Para pedagang diinformasikan cara mendeteksi pita cukai palsu dengan menggunakan alat pendeteksi sinar ultraviolet. Selain mengadakan sosialisasi, tim juga melakukan pengecekan terhadap harga jual eceran rokok sekaligus melakukan pengawasan terhadap penggunaan pita cukai.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Bea Cukai Bandar Lampung dalam rangka menjalankan salah satu tugas dan fungsi Bea Cukai Bandar Lampung yaitu melakukan sosialisasi terhadap peraturan perundang-undangan di bidang kepabeanan dan cukai. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat bersinergi bersama Bea Cukai dalam memberantas peredaran rokok ilegal.


Berita Lainnya


   Hak Cipta KPPBC TMP B Bandar Lampung @ 2016
Jl. Yos Sudarso Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung 35241