DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TMP B BANDAR LAMPUNG

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
Berita

Bea Cukai Bandar Lampung Sosialisasikan Desain Pita Cukai ke Pedagang Eceran

21 Juni 2018

(Pringsewu-Pesawaran, Lampung – 6-8/6/2018) – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Bandar Lampung (Bandar Lampung) kembali melakukan sosialisasi desain pita cukai tahun 2018. Target sosialisasi kali ini adalah para pedagang eceran hasil tembakau di Kecamatan Pagelaran, Pringsewu dan Kecamatan Teluk Pandan serta Kecamatan Way Khilau, Pesawaran. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Bea Cukai untuk mengampanyekan stop rokok ilegal.

Dalam kegiatan ini, para pedagang yang tokonya dikunjungi diberikan penjelasan mengenai desain pita cukai terbaru berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor PER-29/BC/2017 tentang Bentuk dan/atau Spesifikasi Desai Pita Cukai Hasil Tembakau dan Pita Cukai Minuman yang Mengandung Etil Alkohol Tahun 2018. Hal ini dilakukan agar para pedagang dapat dengan mudah mengidentifikasi pita cukai yang tertempel pada rokok yang mereka perdagangkan. Sehingga saat mereka menemukan rokok yang dicurigai memiliki pita cukai palsu atau pita cukai yang tidak sesuai dengan peruntukannya, mereka dapat segera melaporkannya ke Bea Cukai.

 

Selain melakukan sosialisasi pita cukai, Bea Cukai Bandar Lampung juga melakukan kegiatan pengecekan harga jual eceran hasil tembakau. Kegiatan ini dilakukan berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Bea dan Cukai terkait Pelaksanaan Kegiatan Pemantauan Harga Transaksi Pasar Produk Hasil Tembakau. Dari kegiatan ini, diharapkan Bea Cukai dan masyarakat luas dapat saling bersinergi memberantas penyebaran rokok ilegal.

 


Berita Lainnya


   Hak Cipta KPPBC TMP B Bandar Lampung @ 2016
Jl. Yos Sudarso Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung 35241