DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TMP B BANDAR LAMPUNG

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
Berita

Bea Cukai Bandar Lampung Sosialisasikan Rokok Ilegal Sampai Ke Ujung Provinsi Lampung

06 Mei 2019

Lampung, 29-30 April 2019. Bea Cukai Bandar Lampung senantiasa memberikan edukasi kepada masyarakat terutama di wilayah Provinsi Lampung. Salah satu bentuk edukasi yang diberikan oleh Bea Cukai Bandar Lampung yaitu dengan mengunjungi toko-toko yang menjual barang kena cukai berupa rokok. Edukasi ini tidak hanya dilakukan di Bandar Lampung namun sampai dengan ke ujung Provinsi Lampung.

Kabupaten Way Kanan, itulah destinasi Bea Cukai Bandar Lampung pada kesempatan kali ini. Kabupaten Way Kanan merupakan salah satu kabupaten yang terjauh dari pusat pemerintahan dan berbatasan langsung dengan provinsi Sumatera Selatan. Bea Cukai Bandar Lampung berharap seluruh masyarakat Lampung baik di wilayah perkotaan maupun di pelosok wilayah Lampung dapat memiliki pemahaman atas rokok ilegal dan tidak menjual rokok-rokok ilegal tersebut.

Dibutuhkan waktu ± 5 jam lamanya untuk dapat sampai di Kabupaten Way Kanan. Ketika tiba di tujuan, Bea Cukai Bandar Lampung segera menelusuri jalan-jalan di Kabupaten Way Kanan dan ditemukan beberapa toko yang menjual barang kena cukai berupa rokok. Terhadap pemilik toko-toko tersebut diberikan pemahaman terkait apa itu barang kena cukai rokok dimana dalam pengawasannya berada di bawah kewenangan Bea dan Cukai. Pemilik toko juga diberikan pengetahuan cara mengidentifikasi rokok-rokok yang termasuk rokok ilegal seperti rokok yang tidak dilekati pita cukai, rokok yang dilekati pita cukai bekas, rokok yang dilekati pita cukai salah peruntukkan dan terakhir adalah rokok yang dilekati pita cukai palsu. Untuk mengidentifikasikan rokok yang dilekati pita cukai palsu, petugas Bea Cukai mempraktekkan identifikasi dengan menggunakan alat bantu sinar UV dan dijelaskan pula cara penggunaannya.

Beberapa pemilik toko memang masih ditemukan menjual rokok ilegal. Ketidaktahuan pemilik toko tersebutlah yang membuat mereka menjual rokok ilegal tersebut. Pemilik toko menyampaikan terima kasih karena telah diberikan edukasi tentang cara membedakan mana rokok yang dapat dijual dan mana rokok yang termasuk rokok ilegal. Semoga dengan adanya sosialisasi ini dapat mengurangi peredaran rokok ilegal sampai dengan ke pelosok-pelosok wilayah Lampung demi Bea Cukai yang Makin Baik.


Berita Lainnya


   Hak Cipta KPPBC TMP B Bandar Lampung @ 2016
Jl. Yos Sudarso Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung 35241