DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TMP B BANDAR LAMPUNG

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
Berita

Bea Cukai Lampung Melakukan Sosialisasi Pita Cukai dan Serukan "Stop Rokok Ilegal"

12 Maret 2018

(Kecamatan Bahuga, Kabupaten Way Kanan) – Lampung, Dalam hal untuk melakukan pengawasan Barang Kena Cukai (BKC) dan membatasi konsumsi BKC oleh masyarakat khususnya di Provinsi Lampung, tanggal  7 - 9 Maret 2018 Bea Cukai Bandar Lampung melakukan sosialisasi Barang Kena Cukai di 2 (dua) daerah di Provinsi Lampung yaitu  Kecamatan Bahuga Kabupaten Way Kanan dan Kecamatan Langkapura Kota Bandar Lampung. Perjalanan yang ditempuh oleh tim Bea Cukai Lampung menuju Kecamatan Bahuga sangatlah menantang karena jalan raya yang ditempuh memiliki medan yang berbatu dan licin juga melewati berhektar-hektar kebun karet, serta perjalanan yang ditempuh memakan waktu kurang lebih 6 jam.

Sesampainya di kedua lokasi tersebut, seluruh tim segera menyusuri dan mengoperasi tempat penjualan eceran barang kena cukai. Setelah melakukan penelusuran dan melakukan operasi keseluruh tempat, Tim Penyuluhan dan Layanan Informasi (PLI) melakukan penyuluhan dan sosialisasi khususnya pita cukai kepada seluruh masyarakat dan pemilik toko di pasar tersebut, lalu tim Pelayanan Kepabeanan dan Cukai (PKC) juga melakukan pendataan Harga Penjualan Eceran dan peredarannya. Seluruh tim pun dengan sepenuh hati segera menjelaskan kriteria barang kena cukai yaitu berupa hasil tembakau dan minuman mengandung etil alcohol serta menjelaskan informasi dan identifikasi desain pita cukai tahun 2018.

Kemudian seluruh tim juga menjelaskan tentang BKC ilegal. Apa yang dimaksud dengan BKC ilegal? BKC illegal adalah BKC yang tidak dilekati pita cukai, menggunakan pita cukai palsu, pita cukai bekas dan BKC dengan pita cukai yang berbeda. Tidak lupa pula seluruh Tim Bea Cukai Lampung menyiarkan jargon untuk para penjual rokok setempat yaitu “Stop Rokok Ilegal”.

Sosialisasi ini bertujuan untuk mengedukasi pedagang atau masyarakat terkait peredaran rokok ilegal. Dengan adanya penyuluhan dan sosialisasi ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap konsekuensi sosial serta hukuman yang berlaku terkait dengan kepemilikan dan penjualan rokok ilegal. 

Bea Cukai Makin Baik !!!...

[Rizkyyogama, Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi KPPBC TMP B Bandar Lampung]


Berita Lainnya


   Hak Cipta KPPBC TMP B Bandar Lampung @ 2016
Jl. Yos Sudarso Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung 35241