DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TMP B BANDAR LAMPUNG

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
Berita

Bulan Ramadhan, Bea Cukai Bandar Lampung Tetap Semangat Sosialisasikan Rokok Ilegal

16 Mei 2019

Bandar Lampung, 13-15 Mei 2019. Bulan ramadhan telah tiba namun tidak menurunkan semangat Bea Cukai Bandar Lampung dalam memberikan penyuluhan kepada masyarakat. Selama kurang lebih 3 hari lamanya, Bea Cukai Bandar Lampung melakukan penyuluhan di Ibu Kota Provinsi Lampung yang merupakan pusat pemerintahan masyarakat Lampung.

Penyuluhan ini bertujuan agar masyarakat Lampung terutama di wilayah perkotaan memiliki pemahaman yang baik atas barang kena cukai yang diperbolehkan untuk beredar di masyarakat. “Kita tidak mau kecolongan, di daerah terpencil saja kita terus lakukan penyuluhan. Jangan sampai di wilayah perkotaan masih terdapat rokok illegal karena ketidakpahaman pedagang di Kota Bandar Lampung”, ungkap Junsui selaku Kasubsi Penyuluhan Kantor Bea Cukai Bandar Lampung. Penyuluhan ini juga berguna untuk mencegah para pedagang untuk menerima barang kena cukai ilegal karena sanksi yang akan diterima oleh orang yang terlibat dalam peredaran barang kena cukai illegal ini cukup berat.

Kegiatan penyuluhan dilakukan dengan menelusuri sepanjang jalan Kota Bandar Lampung yang terdapat pedagang yang menjual barang kena cukai berupa rokok. Para pedagang yang diketahui menjual rokok dijelaskan ciri-ciri barang kena cukai “rokok” yang tidak sesuai dengan ketentuan di bidang cukai (illegal) seperti rokok yang tidak dilekati pita cukai, rokok yang dilekati pita cukai bekas, rokok yang dilekati pita cukai tidak sesuai peruntukkannya, dan terakhir adalah rokok yang dilekati pita cukai palsu. Cukup sulit memang untuk mengetahui rokok yang dilekati pita cukai palsu, namun para pedagang juga diberikan pengetahuan cara mengidentifikasi pita cukai palsu dengan menggunakan alat bantu berupa sinar UV. “pita cukai yang asli apabila pada bagian hologramnya disinari dengan menggunakan sinar UV maka akan terlihat gambar segilima untuk pita cukai tahun 2019 dan terlihat gambar motif daun untuk pita cukai tahun 2018,” ungkap Junsui.

Petugas Bea Cukai Bandar Lampung juga menyampaikan agar para pedagang jangan pernah mau menerima rokok illegal karena berdasarkan peraturan perundang-undangan di bidang cukai sanksi yang diterima oleh orang yang terlibat dalam peredaran barang kena cukai illegal dapat dikenakan sanksi baik berupa denda maupun sanksi pidana. Setelah itu, petugas Bea Cukai meminta ijin untuk menempelkan sticker Stop Barang Kena Cukai Ilegal yang terdapat nomor telepon Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung.

Bea Cukai Bandar Lampung menghimbau para pedagang agar dapat memberikan informasi pada kesempatan pertama apabila terdapat sales ataupun pihak lain yang menawarkan rokok illegal sehingga nantinya dapat ditindaklanjuti oleh bagian pengawasan Bea Cukai Bandar Lampung. Sinergitas yang baik antara masyarakat dengan Bea Cukai Bandar Lampung diharapkan dapat mencegah masuknya rokok illegal di wilayah Lampung. Terakhir, para pedagang diberikan souvenir menarik dan dilakukan kegiatan foto bersama.


Berita Lainnya


   Hak Cipta KPPBC TMP B Bandar Lampung @ 2016
Jl. Yos Sudarso Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung 35241