DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TMP B BANDAR LAMPUNG

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
Berita

Customs Goes to School, Memperkenalkan Bea Cukai Kepada Siswa di SMA Negeri 1 Metro

18 April 2019

Kota Metro, Lampung – Selasa (16/04/2019), Bea Cukai Bandar Lampung melaksanakan kegiatan Customs Goes to School di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Metro. SMA Negeri 1 Metro tersebut merupakan salah satu sekolah unggulan di provinsi lampung yang tepatnya terletak di jalan AH Nasution 222, Yosodadi, Metro Timur. SMA Negeri 1 Metro memiliki segudang prestasi, salah satunya menjadi duta olimpiade sains yang mewakili provinsi Lampung.

Kali ini, Bea Cukai Bandar Lampung diberikan kesempatan untuk memperkenalkan institusi ini kepada siswa di lingkungan sekolah tersebut. Kegiatan seperti ini bertujuan untuk menarik minat para siswa agar nantinya memilki keinginan untuk ikut bergabung dalam institusi Bea dan Cukai. Selain itu juga, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada para siswa tentang sejarah Bea dan Cukai, Seragam Bea Cukai, Tugas dan Fungsi Bea Cukai serta memberikan pengetahuan atas penerimaan Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Metro dan Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi ( Kasi PLI) Bea Cukai Bandar Lampung serta pemberian piagam Bea Cukai kepada pihak SMA Negeri 1 Metro. Kemudian, para siswa ditayangkan video Bea dan Cukai dari masa ke masa dan pemberian materi terkait Tugas Pokok dan Fungsi Bea Cukai. Kegiatan juga diselingi dengan games-games yang masih berkaitan dengan Bea dan Cukai yaitu games kahoot.it dan games tebak gambar. Antusiasme para siswa semakin tinggi ketika mereka diberikan materi terkait penindakan atas barang-barang yang dilakukan oleh Kantor Bea Cukai Lampung. Terlebih juga ditampilkan seragam Special Force-nya Bea Cukai yaitu seragam Customs Enforcement Team (CET) dimana seragam tersebut hanya digunakan bagi pegawai Bea Cukai yang terpilih dan terlatih dengan kemampuan di atas pegawai Bea Cukai biasanya.

Materi selanjutnya terkait penerimaan Mahasiswa PKN STAN yang disampaikan oleh para lulusan PKN STAN yang saat ini telah berstatus Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kantor Bea Cukai Bandar Lampung guna menarik minat para siswa. Penerimaan Mahasiswa PKN STAN tersebut merupakan salah satu jalur para siswa untuk dapat bergabung di Institusi Bea dan Cukai. Kemudian, acara dilanjutkan dengan sharing session para siswa dengan para alumni SMA Negeri 1 Metro yang telah bekerja di Institusi Bea Cukai  guna membagikan pengalaman para alumni hingga menjadi pgawai Bea Cukai serta guna memberikan semangat kepada para siswa untuk lebih banyak berdoa dan belajar lebih keras agar dapat diterima di Institusi Bea Cukai. Acara ini ditutup dengan foto bersama para pengajar di SMA Negeri 1 Metro dan Pegawai Bea Cukai Bandar Lampung.


Berita Lainnya


   Hak Cipta KPPBC TMP B Bandar Lampung @ 2016
Jl. Yos Sudarso Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung 35241