DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TMP B BANDAR LAMPUNG

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
Berita

CV Mom’s Brew Investama didatangi Bea Cukai Lampung, Ada Apa??

16 Mei 2019

Bandar Lampung, 13 Mei 2019. Bea Cukai Bandar Lampung melakukan kunjungan ke CV Mom’s Brew Investama yang merupakan pabrik cairan vape yang mengandung ekstrak dan esens tembakau. Cairan Vape yang mengandung ekstrak dan esens tembakau tersebut dikategorikan sebagai Barang Kena Cukai dengan jenis Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HPTL) sehingga pengawasannya berada di bawah kewenangan Bea Cukai Bandar Lampung.

CV Mom’s Brew Investama beralamat di Jl. Panglima Polim, Segala Mider, Bandar Lampung dan satu-satunya pengusaha HPTL yang sudah memiliki ijin bea cukai berupa Nomor Pokok Pengusaha Barang Kena Cukai (NPPBKC). Kunjungan Bea Cukai Bandar Lampung ke CV Mom’s Brew Investama kali ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan terkait ketentuan barang kena cukai dan tatacara pelekatan pita cukai seri III Dengan Perekat (III-DP). Pita Cukai Seri III-DP adalah pita cukai yang akan digunakan oleh CV Mom’s Brew Investama atas produk cairan vape miliknya. Tentu pelekatan pita cukainya harus sesuai dengan ketentuan di bidang cukai. Jadi, disinilah peran serta Bea Cukai Bandar Lampung untuk mengedukasi para pengusaha barang kena cukai di wilayah Lampung agar selalu mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kedatangan Bea Cukai Bandar Lampung ini disambut hangat oleh pemilik CV Mom’s Brew Investama. Pemilik usaha memperkenalkan produk-produk cairan vape yang dimilikinya dan menjelaskan cara membuat cairan vape sampai dilakukan pengemasan atas produk miliknya. “Cairan Vape ini dapat diterima oleh masyarakat tergantung dari cita rasanya. Penetapan harga juga tergantung dari kenikmatan rasa cairan vape ini. Kami sedang mencoba meramu banyak rasa untuk meningkatkan produksi cairan vape milik kami”, ujar pemilik CV Mom’s Brew Investama.

Selanjutnya, Petugas Bea Cukai Bandar Lampung menjelaskan bahwa cairan vape yang diproduksi CV Mom’s Brew Investama tersebut merupakan barang kena cukai yang diwajibkan untuk dilunasi cukainya. Petugas Bea Cukai Bandar Lampung memperagakan secara langsung kepada pemilik CV Mom’s Brew Investama tentang cara pelekatan pita cukai yang sesuai ketentuan dimana kemasan barang kena cukai harus dilekati pita cukai sedemikian rupa sehingga apabila kemasan dibuka, pita cukai yang melekat menjadi tidak utuh dan/atau rusak pada saat kemasannya dibuka.

Selain itu juga, Bea Cukai Bandar Lampung memberikan sosialisasi terkait cara membedakan pita cukai yang palsu dan pita cukai yang asli serta menjelaskan sanksi yang diterima apabila melakukan pelanggaran di bidang cukai baik berupa sanksi denda maupun sanksi pidana penjara. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dan pemberian plakat Bea Cukai Bandar Lampung kepada pemilik CV Mom’s Brew Investama.


Berita Lainnya


   Hak Cipta KPPBC TMP B Bandar Lampung @ 2016
Jl. Yos Sudarso Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung 35241

Fatal error: Maximum execution time of 30 seconds exceeded in /home/bcld8488/public_html/system/libraries/Session/drivers/Session_files_driver.php on line 247