DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TMP B BANDAR LAMPUNG

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
Berita

DIPENGHUJUNG TAHUN 2017 BEA CUKAI BANDAR LAMPUNG MUSNAHKAN BARANG MILIK NEGARA HASIL PENINDAKAN

13 Desember 2017

Bandar Lampung (13/12/2017) –  Bea Cukai Bandar Lampung bersama Kepolisian, Kejaksaan, TNI, Jajaran Kementerian Keuangan di Provinsi Lampung, Karantina, BPOM, Kantor Pos, Pelindo, dan Dinas Perdagangan melakukan pemusnahan barang milik negara hasil Penindakan.

Salah satu tugas dari Bea Cukai adalah community protector, yaitu melindungi masyarakat dari peredaran barang yang ilegal. Sebagai perwujudan pelaksanaan tugas dan fungsi tersebut, KPPBC Tipe Madya Pabean B Bandar Lampung selama tahun 2017 telah melaksanakan kegiatan pengawasan di bidang kepabeanan dan cukai, dimana sampai dengan bulan Desember 2017 telah dilakukan 138 (seratus tiga puluh delapan) kegiatan penindakan dengan perkiraan nilai barang hasil penindakan sebesar Rp 8,9 Milyar (delapan milyar sembilan ratus juta rupiah) dan potensi kerugian negara akibat tidak terpungutnya Bea Masuk, Bea Keluar, dan Cukai adalah sebesar Rp 3 Milyar (tiga milyar rupiah).

Acara pemusnahan kali ini adalah Barang Milik Negara hasil penindakan tahun 2017 serta hasil operasi pasar, juga hasil pengawasan terhadap tegahan barang pos dan barang Impor, yang masuk kedalam wilayah Indonesia tanpa dilengkapi persyaratan perijinan terkait, antara lain 2 juta batang rokok, 898 botol mmea hasil penindakan Bea Cukai Bandar Lampung, 4708 botol mmea hasil putusan Pengadilan Negeri Tanjung Karang atas putusan Kejaksaan Negeri Bandar Lampung, 4400 unit mainan anak-anak, 323 unit walkie talkie, 70 buah sepatu anak-anak, 100 kilogram pakaian bekas, 25 alat bantu seksual, 606 paket berisi benih tanaman asal impor, 238 tabung kosmetika, dan 1 set sparepart airsoft gun dengan total nilai barang sebesar 929 juta rupiah.

Salah satu semangat institusi kami untuk semakin berintegritas  dan berubah kearah baik, maka dengan slogan Bea Cukai Makin Baik kami mengajak kepada masyarakat dan aparat pemerintah lainnya untuk memerangi peredaran rokok ilegal dan Minuman mengandung etil alkohol ilegal. Selain itu intitusi kami akan terus senantiasa profesional dalam melakukan pelayanan kepabeanan dan cukai, serta proaktif dalam kegiatan penyuluhan dan layanan informasi agar masyarakat kenal dan mengetahui dengan benar mengenai barang kiriman pos dan prosedur umum impor.

DJBC berharap agar masyarakat menghindari untuk membeli, mengkonsumsi, maupun memproduksi Barang Kena Cukai (BKC) seperti rokok ataupun minuman keras (Miras/ MMEA) illegal. Barang illegal tersebut tidak memiliki izin produksi, tidak dilekati pita cukai, dilekati pita cukai palsu atau dilekati dengan pita cukai bekas. Atas barang illegal tersebut pemerintah tidak bisa mengawasi apakah aman untuk dikonsumsi masyarakat atau tidak.

Kedepannya DJBC akan makin meningkatkan kegiatan pengawasan dan penyuluhan kepada masyarakat. Kami berharap dapat meningkatkan kerjasama yang baik dengan instansi penegak hukum lainnya serta tak kalah pentingnya kami sangat mengharapkan peran serta dari masyarakat dalam membantu DJBC melaksanakan tugas dan fungsinya, baik dengan memberikan informasi - informasi terjadinya pelanggaran ketentuan, maupun meningkatkan kesadaran masyarakat untuk dapat mematuhi ketentuan di bidang kepabeanan dan cukai.


Berita Lainnya


   Hak Cipta KPPBC TMP B Bandar Lampung @ 2016
Jl. Yos Sudarso Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung 35241