DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TMP B BANDAR LAMPUNG

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
Berita

Edukasi tentang rokok ilegal terus diberikan Bea Cukai Lampung

20 Desember 2018

(Bandar lampung, 17/12/2018) Pada tanggal 13 dan 14 Desember 2018, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Tipe Madya Pabean B (Bea Cukai Lampung) kembali memberikan edukasi kepada penjual rokok yang ada di Provinsi Lampung. Kali ini, Bea Cukai Lampung berkesempatan untuk mengunjungi Kabupaten Metro. Satu demi satu warung kami singgahi untuk memberikan pengetahuan tentang bagaimana cara mengidentifikasi apakah rokok tersebut legal atau ilegal. Karna seperti kita ketahui bersama bahwa peredaran rokok ilegal terus ada, maka usaha preventif harus tetap dilakukan.

Cara mengidentifikasi rokok legal/ilegal, yaitu pastikan bahwa rokok yang akan dijual memiliki pita cukai. Kemudian, pastikan dengan alat pendeteksi sinar uv, bahwa pita cukai tersebut memiliki serat-serat unik yang telah didesain sebelumnya. Kemudian pastikan bahwa info yang terdapat pada pita cukai (jumlah batang rokok, SKM/SKT, tahun anggaran dan kode pabrik pembuat) sesuai dengan yang tertera pada bungkus rokok.

“Wah! Ini kali pertama Bea Cukai mengunjungi toko saya. Penyuluhan seperti ini benar-benar bermanfaat dan memberikan pengetahuan bagi kami penjual rokok. Berkat Bea Cukai, kami jadi mengetahui mana rokok yang layak dan tidak layak untuk dijual” - ujar Sumiyati, salah satu pemilik toko yang dikunjungi.

Jangan pernah ragu dan takut berkontribusi untuk negara ini. Walau terlihat kecil, namun ternyata menjual rokok legal pun berdampak besar untuk penerimaan negara.


Berita Lainnya


   Hak Cipta KPPBC TMP B Bandar Lampung @ 2016
Jl. Yos Sudarso Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung 35241