DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TMP B BANDAR LAMPUNG

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
Berita

FGD Pengurusan Customs Clearance Pertamina, Bea Cukai Bandar Lampung Bicarakan MITA dan AEO

12 November 2018

Pada Kamis, 8 November 2018, bertempat di Swiss Belhotel Harbour Bay, Batam, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Bandar Lampung (Bea Cukai Bandar Lampung) menghadiri kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Pengurusan Customs Clearance kepada Fungsi Petrochemical Trading PT Pertamina. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka rencana pelaksanaan pembekalan proses Customs Clearance kepada person in charge (PIC) yang terkait dengan impor dan/atau ekspor PT Pertamina khususnya Fungsi Petrochemical Trading, sesuai dengan penetapan Pertamina sebagai Mitra Utama Kepabeanan (MITA) serta sejalan dengan program Indonesia National Single Window (INSW).

Bea Cukai Bandar Lampung diwakili oleh Nur Cahyono Mustika Jati selaku Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi serta Didik Hariyanto selaku Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai VI. Dalam kegiatan ini Nur Cahyono memaparkan materi terkait MITA dan Authorized Economic Operator (AEO).

Selain MITA dan AEO, FGD ini juga membahas beberapa hal di antaranya persiapan administrasi penerimaan dan pembongkaran barang di terminal, pembuatan dan validasi PIB dan/atau PEB, serta HS Code petrokimia atau turunan minyak. Kehadiran Bea Cukai Bandar Lampung pada kegiatan ini adalah sebagai bentuk komitmen Bea Cukai dalam rangka pemberian pelayanan terbaik kepada pengguna jasanya, dalam hal ini adalah Pertamina. Selain sebagai ajang silaturahmi antara Bea Cukai dengan pengguna jasa, kegiatan semacam ini juga diharapkan dapat lebih meningkatkan sinergi antara Bea Cukai dan para pengguna jasa untuk lebih mendukung kemajuan perekonomian negara.


Berita Lainnya


   Hak Cipta KPPBC TMP B Bandar Lampung @ 2016
Jl. Yos Sudarso Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung 35241