DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TMP B BANDAR LAMPUNG

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
Berita

Gelar Operasi Gempur II, Bea Cukai Lampung Berhasil Amankan Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal

12 Desember 2018

Bandar Lampung, (November 2018) - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Bandar Lampung (Bea Cukai Lampung) menggelar Operasi Gempur II. Operasi yang berlangsung selama bulan November ini bertujuan untuk memberantas rokok ilegal ini dilakukan di 3 (tiga) objek pengawasan yaitu kantor pos, jalur perlintasan bus, dan pasar di daerah Pringsewu, Tanggamus serta Lampung Timur dan berhasil mengamankan lebih dari 580 ribu batang rokok ilegal.

Dalam operasi penindakan yang dilakukan di kantor pos, rokok ilegal yang berhasil diamankan sekitar 123 ribu batang. Rokok ilegal tersebut ditemukan dalam paket kiriman pos. Berdasarkan keterangan dari Kepala Tim Penindakan Bea Cukai Lampung, rokok ilegal tersebut ditemukan dalam 10 karton paket pos dari Jawa Timur.

Kemudian dalam operasi penindakan pada jalur perlintasan bus, telah berhasil diamankan rokok ilegal dengan total 264 ribu batang. Menurut Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Lampung, Nur Cahyono Mustika Jati, modus operandi pendistribusian rokok ilegal melalui bus asal Jawa Tengah dilakukan dengan cara mengambil rokok di tengah jalan. “Ada 20 karton, ditemukan di bagasi dan di atap bus”, imbuh Cahyo.

Selanjutnya dalam operasi penindakan yang dilakukan di pasar di daerah Pringsewu, Tanggamus, dan Lampung Timur berhasil diamankan sebanyak 193 ribu batang rokok ilegal. Para pedagang sangat kaget pada saat operasi sedang berlangsung.

Rokok-rokok ilegal yang diperkirakan bernilai sekitar Rp 414 juta tersebut berpotensi merugikan negara senilai sekitar Rp 220 juta. Rokok-rokok yang ditemukan tersebut masuk ke dalam kategori rokok ilegal dan jelas merugikan negara karena tidak menggunakan pita cukai atau yang biasa dikenal dengan istilah ‘rokok polos’.

Bea Cukai Lampung sangat mengapresiasi pihak kantor pos dan masyarakat atas sinerginya dalam membantu Bea Cukai memerangi rokok ilegal. Cahyo mengimbau masyarakat agar segera melapor ke Bea Cukai Bandar Lampung jika menemukan atau mencurigai peredaran rokok ilegal di lingkungan sekitar. Cahyo berharap masyarakat dapat tetap bersinergi bersama Bea Cukai dalam melakukan pencegahan dan pemberantasan rokok ilegal.


Berita Lainnya


   Hak Cipta KPPBC TMP B Bandar Lampung @ 2016
Jl. Yos Sudarso Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung 35241