DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TMP B BANDAR LAMPUNG

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
Berita

Mandiri di Hari Tua, Rencanakan Keuangan Saat Masih Muda

07 November 2018

Bandar Lampung (6/11/2018) - Semua orang sudah pasti akan menjadi tua. Saat sudah masuk usia senja, kita pasti berharap agar tidak selalu bergantung pada orang-orang terdekat kita, khususnya dalam hal keuangan. Untuk mewujudkan harapan tersebut, maka sedari dini kita dapat mengambil langkah untuk membuat perencanaan keuangan personal kita.

In-house training Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Bandar Lampung (Bea Cukai Bandar Lampung) kali ini mengundang salah seorang pakar dalam hal perencanaan keuangan, yaitu Ririn Septiani. Ririn Septani adalah Kepala Seksi Multilateral II pada Direktorat Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga yang juga adalah perencana keuangan bersertifikat.

Dalam in-house training yang berlangsung di Aula Besar Kantor Bea Cukai Bandar Lampung kali ini, Ririn berbagi informasi dan kiat kepada para pegawai Bea Cukai Bandar Lampung untuk merencanakan keuangan sedari muda agar di hari tua nanti para pegawai dapat menjadi pribadi yang mandiri dari segi finansial. Kegiatan ini diikuti dengan penuh antusiasme dari para pegawai. Hal ini terbukti dari banyaknya pegawai yang masih ingin bertanya bahkan saat acara sudah akan berakhir.


Perencanaan keuangan sendiri adalah proses untuk mencapai tujuan hidup seseorang melalui pengelolaan keuangan secara terintegrasi dan terencana. Siklus perencanaan keuangan dimulai dari menentukan tujuan keuangan, lalu memeriksa kondisi keuangan, kemudian mengidentifikasi alternatif, implementasi, diakhiri dengan pemantauan dan evaluasi.

 

Selain membagikan informasi mengenai apa itu perencanaan keuangan dan komponen-komponennya, Ririn juga berbagi tentang cara menyusun laporan keuangan untuk menghitung penghasilan dan pengeluaran personal. Kegiatan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan menjadi pendorong bagi para pegawai untuk mulai merencanakan keuangannya. Mengutip kata-kata di akhir pemaparan Ririn bahwa “financial planning is about planning a better you”.


Berita Lainnya


   Hak Cipta KPPBC TMP B Bandar Lampung @ 2016
Jl. Yos Sudarso Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung 35241