DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TMP B BANDAR LAMPUNG

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
Berita

Pasca Operasi Gempur II, Bea Cukai Lampung Kembali Amankan Ratusan Ribu Rokok Ilegal

12 Desember 2018

(Bandar Lampung – 11/12/18) Usai melakukan Operasi Gempur II pada Bulan November lalu, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Bandar Lampung (Bea Cukai Lampung) kembali berhasil mengamankan rokok ilegal di wilayah Lampung pada tanggal 11 Desember 2018. Kali ini, penindakan dilakukan terhadap truk asal Jakarta dengan plat BM pada jalur perlintasan. Sebagaimana informasi diterima, rokok ilegal yang berasal dari daerah Jawa ini, rencananya akan didistribusikan ke daerah Sumatera. Informasi tersebut diterima berdasarkan bantuan dari masyarakat sekitar.

Kepala Kantor Bea Cukai Bandar Lampung, Muhammad Hilal Nur Sholihin memaparkan bahwa modus yang digunakan untuk mengelabuhi petugas adalah dengan memberitahukan barang sebagai kain dan pakaian jadi yang berasal dari Pasar Tanah Abang. Namun setelah diselidiki dan diperiksa, barang yang dibawa ternyata rokok polos yang tidak dilekati oleh pita cukai. Rokok-rokok polos tersebut bermerk Dunmild, SMD Filter, Bintang, Bravo Mild, dan Elite.

“Rokok ilegal yang berhasil diamankan dari penindakan ini sebanyak 36 karton, dengan total 576.000 batang. Nilai barang yang ditegah tersebut sebesar Rp 411.840.000,- dengan potensi kerugian negara sebesar Rp 213.120.000,-“ Ujar Hilal.

Bea Cukai Lampung terus melakukan pengawasan terhadap peredaran rokok ilegal khususnya di wilayah Lampung. Sinergi pun terus dilakukan untuk melakukan pencegahan terhadap rokok ilegal tersebut. Bea Cukai? Harus makin baik!


Berita Lainnya


   Hak Cipta KPPBC TMP B Bandar Lampung @ 2016
Jl. Yos Sudarso Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung 35241