DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TMP B BANDAR LAMPUNG

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
Berita

Pekan Pertama Gempur Rokok Ilegal, Bea Cukai Lampung Sapu Bersih 2 Kabupaten

25 Juni 2019

Bandar Lampung, 24 Juni 2019. Dalam rangka menurunkan peredaran rokok ilegal di tahun ini yang ditargetkan hanya 3%, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai mengambil tindakan atas perintah Menteri Keuangan, Sri Mulyani dan Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Heru Pambudi. Dengan mengangkat tema “Gempur Rokok Ilegal”, Bea Cukai seluruh Indonesia bergerak untuk memberantas peredaran rokok ilegal di daerahnya masing-masing.

Bea Cukai Lampung sebagai penjaga di pintu gerbang Pulau Sumatera berperan serta dalam operasi ini. Seksi P2 (Penindakan dan Penyidikan) Bea Cukai Lampung langsung membentuk beberapa tim untuk diturunkan dalam menggempur rokok ilegal ini. Seluruh persiapan mulai dari armada transportasi, souvenir seperti stiker, brosur dan sinar uv. Souvenir ini dibagikan kepada seluruh toko yang tidak menjual rokok ilegal sebagai tanda apresiasi dari Bea Cukai Lampung.

Pekan pertama 17-23 Juni 2019, 4 tim langsung diturunkan untuk menggempur peredaran rokok ilegal di 2 Kabupaten besar di Provinsi Lampung, yaitu Kabupaten Lampung Tengah dan Kabupaten Tanggamus. Dengan masing-masing 2 tim di tiap Kabupaten, gempur dilaksanakan. Dimulai dengan penyisiran ke tiap-tiap toko pinggir jalan, pasar-pasar rakyat, hingga ke toko-toko yang ada di pelosok daerah di kabupaten tersebut.

Para pemilik toko yang masih menjual rokok ilegal sangat dikejutkan dengan kedatangan Bea Cukai dan rokok ilegal yang masih beredar dan dijual langsung ditegah oleh tim gempur rokok ilegal. Selain melakukan penindakan, tim juga memberikan edukasi berupa penjelasan terkait cara membedakan rokok yang dengan menggunakan pita cukai asli dengan rokok ilegal. Dalam penggempuran ini pula, tim berhasil menemukan MMEA (minuman mengandung etil alkohol) ilegal dengan tidak dilekatkan pita cukai di daerah Pasar Kota Agung dan langsung ditegah oleh tim saat itu juga. Sapu bersih untuk 2 Kabupaten tersebut oleh tim Bea Cukai Lampung di pekan pertama ini.

Semoga operasi gempur rokok ilegal ini dapat dilaksanakan dengan lancar oleh Bea Cukai di seluruh Indonesia, dan peredaran rokok ilegal dapat berkurang sesuai target yang ditetapkan demi Bea Cukai Makin Baik.


Berita Lainnya


   Hak Cipta KPPBC TMP B Bandar Lampung @ 2016
Jl. Yos Sudarso Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung 35241