DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TMP B BANDAR LAMPUNG

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
Berita

Sosialisasi BKC Oleh Bea Cukai Bandar Lampung, Menargetkan Perusahaan Pemegang NPPBKC

18 April 2019

10-12 April 2019, Bea Cukai Bandar Lampung melaksanakan Sosialisasi BKC (Barang Kena Cukai) dengan target kali ini adalah perusahaan pemegang NPPBKC (nomor pokok pengusaha barang kena cukai). Sosialisasi dilaksanakan selama 3 hari dari siang sampai dengan malam hari.

Tujuan dilaksanakannya sosialisasi ini adalah untuk memberikan informasi terkait sedang gencarnya penertiban atas miras (minuman keras) ilegal oleh Kantor Pusat DJBC (Direktorat Jenderal Bea dan Cukai). Disamping itu Bea Cukai Bandar Lampung juga memberikan informasi terkait masa berlaku NPPBKC dari setiap perusahaan yang memilikinya serta mengingatkan untuk melakukan kewajiban pencatatan berdasarkan PMK-94/PMK.04/2018.

Selama 3 hari melaksanakan sosialisasi, Bea Cukai Bandar Lampung berhasil menyinggahi 4 (empat) TPE (tempat penjual eceran) miras yang ada di Kota Bandar Lampung. Dari keempat TPE ini, ditemukan bahwa masa berlaku untuk NPPBKC-nya sudah hampir kadaluarsa bahkan ada salah satu TPE yang NPPBKC-nya sudah tidak berlaku lagi dan disarankan untuk melakukan pengurusan kembali agar dapat melakukan penjualan miras di TPE-nya dan untuk TPE yang NPPBKC-nya hampir kadaluarsa agar segera melakukan perpanjangan masa berlakunya. Dijelaskan pula terkait denda administrasi dan pidana apabila NPPBKC tidak dilakukan perpanjangan atau tidak dilakukan pengurusan kembali tetapi tetap melakukan penjualan miras untuk TPE-nya.

Bea Cukai Bandar Lampung juga memberikan kenang-kenangan kepada setiap TPE yang disinggahinya yaitu berupa plakat dan piagam yang bertuliskan kampanye “Stop Miras Ilegal”. Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini seluruh TPE penjual minuman keras dapat mengikuti peraturan yang berlaku sesuai dengan arahan sosialisasi yang dilakukan oleh Bea Cukai Bandar Lampung demi kelancaran dalam berbisnis. Bea Cukai Makin Baik.


Berita Lainnya


   Hak Cipta KPPBC TMP B Bandar Lampung @ 2016
Jl. Yos Sudarso Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung 35241