DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TMP B BANDAR LAMPUNG

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
Berita

Sosialisasi dan Asistensi Prosedur dan Aplikasi Manifes Baru

13 Maret 2018

Pada Selasa, 13 Maret 2018, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Bandar Lampung (Bea Cukai Bandar Lampung) melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Asistensi Prosedur dan Aplikasi Manifes Baru. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka persiapan berlakunya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 158/PMK.04/2017 tentang Tata Laksana Penyerahan Pemberitahuan Rencana Kedatangan Sarana Pengangkut, Manifes Kedatangan Sarana Pengangkut, dan Manifes Keberangkatan Sarana Pengangkut dan Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor 38/BC/2017 tentang Tata Cara Penyerahan, Penatausahaan, Perbaikan, dan Pembatalan Pemberitahuan Rencana Kedatangan Sarana Pengangkut, Manifes Kedatangan Sarana Pengangkut, dan Manifes Keberangkatan Sarana Pengangkut. di Bea Cukai Bandar Lampung pada tanggal 21 Maret 2018 mendatang. Kegiatan yang dihadiri oleh 37 perwakilan pengguna jasa di bidang pelayaran ini dilaksanakan di Ruang Rapat Besar Bea Cukai Bandar Lampung. 

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Kepala Kantor Bea Cukai Bandar Lampung, Muhammad Hilal Nur Sholihin. Dalam sambutannya, Hilal menyampaikan bahwa terdapat ketentuan-ketentuan baru yang akan diimplementasikan di Bea Cukai Bandar Lampung. Sehingga Hilal berharap kegiatan sosialisasi dan asistensi dapat disimak dan diikuti dengan baik oleh para peserta. Hilal juga berharap para pengguna jasa sudah mengaktivasi modul terbaru selama masa uji coba berlangsung.

Kegiatan dibagi ke dalam dua sesi. Sesi pertama yaitu pemaparan sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan Nomor 158/PMK.04/2017 disampaikan oleh Pudji Seswanto selaku Pelaksana pada Direktorat Teknis Kepabeanan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Sesi selanjutnya adalah pemaparan pengembangan modul manifes yang disampaikan oleh M. Rofiudzdzikri selaku Kepala Seksi Pengendalian Mutu Sistem Informasi Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai (IKC) Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Kegiatan  dilanjutkan dengan asistensi peng-install-an dan uji coba modul terbaru yang difasilitasi oleh tim dari Direktorat IKC, lalu ditutup dengan sesi foto bersama.

[BA, Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi KPPBC TMP B Bandar Lampung]


Berita Lainnya


   Hak Cipta KPPBC TMP B Bandar Lampung @ 2016
Jl. Yos Sudarso Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung 35241