DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KPPBC TMP B BANDAR LAMPUNG

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
Pengumuman

Registrasi Pengangkut

22 May 2018

Sehubungan dengan pemberlakuan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 158/PMK.04/2017 dan Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor PER-38/BC/2017, dengan ini disampaikan hal-hal berikut:

  • Untuk dapat mengakses  pelayanan kepabeanan sebagai Pengangkut, pihak-pihak yang terdiri dari  Operator Sarana Pengangkut, Kuasa Operator Sarana Pengangkut (shipping agent dan ground handling), Pengangkut Kontraktual, Penyelenggara Pos wajib melakukan Registrasi Kepabeanan sebagai Pengangkut paling lama 6 bulan sejak berlakunya PMK dimaksud, yaitu paling lambat pada tanggal *28 Juni 2018*.
  • Registrasi dapat dilakukan melalui portal INSW (http://registrasi.insw.go.id) dengan persyaratan sebagai berikut:

a. Operator Sarana Pengangkut, berupa Surat Izin Usaha Perusahaan Angkutan Laut (SIUPAL), Surat Izin Usaha Angkutan Udara (SIUAU), atau Surat Izin Usaha Pelayaran Rakyat (SIUPER);

b. Shipping Agent, berupa Surat Izin Usaha Perusahaan Keagenan Kapal (SIUPKK);

c. Ground Handling, berupa Sertifikat Operasi Jasa Terkait Bandar Udara Bidang Pelayanan Teknis Penanganan Pesawat Udara di Darat dan/atau Bidang Penanganan Kargo dan Pos dari Kementerian Perhubungan, dan Izin Operasi Kegiatan Jasa Terkait Bandar Udara dan Otoritas Bandar Udara; dan

d. Pengangkut Kontraktual (NVOCC), berupa Surat Izin Usaha Jasa Pengurusan Transportasi (SIUJPT) dan:

  1. ) Perjanjian kerja sama, penunjukan keagenan dan/atau keterangan keagenan dari Agent/Forwarder di Luar Negeri;
  2. ) Bukti joint slot dengan Perusahaan Pelayaran/Penerbangan; dan/atau
  3. ) Surat keterangan dari Perusahaan Pelayaran/Penerbangan; dan

e. Penyelengggara Pos, berupa Surat Izin Penyelenggaraan Pos (SIPP) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika dan persetujuan kegiatan kepabeanan dari Kepala Kantor Pabean.

  • Untuk pengguna yang telah memiliki registrasi kepabeanan selain sebagai Pengangkut, agar dapat menambah registrasi kepabeanan sebagai Pengangkut untuk memenuhi kewajiban berdasarkan PMK dimaksud.
  • Dalam hal Pengguna Jasa memenuhi lebih dari satu kriteria sebagai Pengangkut, Pengguna Jasa dianjurkan untuk melengkapi seluruh dokumen yang dipersyaratkan, namun dapat memilih melengkapi syarat salah satu untuk satu fungsi perusahaan yang paling utama.
  • Apabila Pengguna Jasa telah melakukan dan memiliki registrasi kepabeanan sebagai Pengangkut, maka tidak perlu melakukan registrasi kepabeanan ulang.

Demikian disampaikan, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.


Pengumuman Lainnya



   Hak Cipta KPPBC TMP B Bandar Lampung @ 2016
Jl. Yos Sudarso Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung 35241