Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Alur Barang Kiriman Luar Negeri

Proses pengiriman barang berawal dari transaksi antara penjual di luar negeri dengan pembeli di Indonesia secara online dan pembayaran secara virtual, lalu dilanjutkan dengan pengiriman barang baik melalui moda transportasi laut maupun udara. Setelah barang sampai ke Indonesia, barang kemudian dibawa ke gudang untuk dibongkar dan dilakukan pemeriksaan oleh petugas Bea dan Cukai. Jangan khawatir, pada saat melakukan pemeriksaan fisik barang kiriman petugas Bea dan Cukai didampingi oleh petugas pos atau pihak kurir / Perusahaan Jasa Titipan (PJT).

Setelah kewajiban pungutan telah dipenuhi oleh pihak kurir atau Perusahaan Jasa Titipan (PJT) atau langsung oleh penerima barang (jika menggunakan pos) selanjutnya barang akan dikirim ke alamat penerima atau diserahkan ke penerima.

Untuk mengetahui sampai di mana perjalanan barang kiriman kita, berikut langkah-langkahnya:

  1. Akses http://www.beacukai.go.id/barangkiriman,
  2. Masukkan nomor tracking/Consigment note/resi/AWB (airway bill),
  3. Masukkan keycode sesuai dengan yang tertera pada layar,
  4. Klik submit dan see details untuk melihat sampai di mana proses pengiriman barang,
  5. Pastikan bahwa barang kiriman sudah disiapkan dan dikirimkan datanya secara elektronik kepada Sistem Komputer Pelayanan Bea Cukai oleh pihak perusahaan jasa kiriman agar barang dapat dilacak,
  6. Jika ada tagihan tidak wajar dari pihak-pihak yang mengatasnamakan Bea Cukai, jangan langsung percaya sebelum melakukan tracking. Hati-hati penipuan selengkapnya »

Hasil pengecekan dari fitur tracking di laman Bea dan Cukai bisa bermacam-macam, namun yang secara garis besar ada tiga hasil yang mungkin diterima, yakni “Dokumen Diterima untuk Diproses Bea Cukai”, “Konfirmasi/Menunggu Kelengkapan Berkas”, dan “Barang Selesai/Keluar dari Gudang”.

206 Responses

  1. Dari hasil pencarian di internet barang setelah keluar dari gudang Bea cukai akan diantarkan oleh PJT kepada penerima. PJT yang dimaksud ini perusahaan jasa titipan apa & bagaimana cara track nya ?

    1. Berdasarkan PMK Nomor 199 tahun 2019, Perusahaan Jasa Titipan (PJT) merupakan Penyelenggara Pos yang memperoleh ijin usaha dari instansi terkait untuk melaksanakan layanan surat, dokumen, dan paket sesuai perundang undangan di bidang pos. PJT yang dimaksud contohnya seperti DHL, FedEx, TNT, JNE, TIKI.
      Untuk melakukan tracking terhadap barang kiriman impor dapat dilakukan melalui website beacukai.go.id/barangkiriman atau di masing-masing website resmi PJT.

        1. Selamat sore Kak..
          Hal ini dapat diketahui saat Kakak bertransaksi impor barang kiriman dalam menentukan jasa pengiriman barang hingga ke penerima barang kiriman. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999.

        1. Selamat siang Kak
          Mohon sebutkan kode trackingnya kak melalui nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 dan akan kami bantu cek. Terima kasih

        1. selamat pagi Kak..
          Mohon sebutkan No AWB (NO. Resi) barang tersebut melalui nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 dan akan kami bantu cek. Terima kasih

          1. Pak knp paket saya gk jalan ya dari tgl 17, pdahal itu kilat, saya jg sdh kirim invoice tpi knp gda tanggapan ya

          2. selamat sore kak..
            mohon izin Kak untuk sebutkan No AWB (NO. Resi) barang tersebut melalui nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 untuk memastikannya. terima kasih

          3. Selamat siang Kak
            Berdasarkan data pada laman http://www.beacukai.go.id/barangkiriman bahwa no. resi (No. AWB) RD608470275CN tidak ditemukan datanya. Dimohon kakak dapat menghubungi penyelenggara pos/perusahaan jasa titipan (PJT) yang menangani barang kiriman kakak. terima kasih

        1. Selamat siang Kak..
          Sebagai informasi, petugas Bea Cukai tidak pernah menghubungi langsung penerima barang melalui nomor pribadi. Untuk pembayaran pungutan negara dilakukan dengan menggunakan kode billing bukan nomor rekening ya kak. Jadi kalo ada yang meminta pembayaran ke rekening pribadi patut dicurigai itu penipuan ya kak. Kakak dapat melihat ciri-ciri penipuan di https://bclampung.beacukai.go.id/artikel/waspada-penipuan/
          Terima kasih
          Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 atau sosial media kami (instagram, facebook, dan twitter) @beacukailampung

      1. halo admin, paket saya ID2094245286204 sudah dari tanggal 11 desember 2020 stuck di step “sudah melewati mesin x ray” sampai hari ini 18 desember 2020, seharusnya apa langkah selanjutnya ya? terimakasih..

        1. Selamat Siang Kak..
          Perlu kami sampaikan bahwa Bea Cukai menunggu penyiapan barang dari PT. LOGISTIK WAHANA EKSPRESS sebagai penanggung jawab untuk diproses lebih lanjut.
          Terima kasih
          Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 atau sosial media kami (instagram, facebook, dan twitter) @beacukailampung

      2. Di status shopee saya barang katany sudah sampai tapi saya bingung menggunakan ekspedisi apa …karena dari luar negeri kan menggunakan standar express..saat sampai indonesia dan di kirim ke daerah saya Lamandau Kalimantan Tengah menggunakan ekspedisi apa ya..ini no resi saya ID217751097806T

        1. selamat siang Kak..
          Berdasarkan data pada laman http://www.beacukai.go.id/barangkiriman bahwa status terakhir barang kiriman kakak yaitu “SPPBMCP TELAH DILUNASI, PENERIMA BARANG SILAHKAN KONFIRMASI KE PENYELENGGARA POS/PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN”. Dimohon kakak dapat menghubungi PJT dimaksud (PT. PRIMA GLOBAL TRANS) dalam pengiriman (distribusi) barang hingga ke kakak. Terima kasih
          Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 atau sosial media kami (instagram, facebook, dan twitter) @beacukailampung

      3. Pak, berapa hari yang lalu Saya sempat dihubungi pihak ekspedisi untuk bayar tax customnya, emang prosedur pembayarannya bisa melalui rekening perseorangan milik si expedisi, atw ad altrnatif lain?
        Saya khwatirnya itu masuk penipuan..

        1. Selamat siang Kak..
          Terhadap pembayaran pungutan negara dilakukan dengan menggunakan kode billing bukan nomor rekening pribadi ya kak. Jadi kalo ada yang meminta pembayaran ke rekening pribadi patut dicurigai itu penipuan ya kak. Kakak dapat melihat ciri-ciri penipuan di https://bclampung.beacukai.go.id/artikel/waspada-penipuan/
          Terima kasih
          Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 atau sosial media kami (instagram, facebook, dan twitter) @beacukailampung

      4. Izin bertanya, paket saya dari China. Jasa pengiriman menggunakan JNE. Paket masih di bea cukai China hari ini tgl 1 Juni 2021. Saya ingin paket datang sebelum tgl 7 Juni 2021. Nah di aplikasi estimasi waktu datang tgl 14 Juni 2021 🙁
        Diaplikasi tidak bisa memilih mau pengiriman standar / express. Otomatis aja pengirimannya standar, saya mau nya yg express biar cepat dtg.
        Bagaimana solusinya? Mohon dijawab ya sangat penting 🙁
        Apa saya hubungi pihak JNE? Soalnya saya masih bingung sekali, intinya ingin barang dtg sebelum tgl 7 Juni 2021 .

        1. Selamat sore Kak..
          Mohon sebutkan no. resi (No. AWB) barang kiriman kakak agar kami dapat menjelaskan ke kakak. Terkait pengajuan dokumen hingga pengiriman barang ke alamat penerima barang kiriman merupakan tanggung jawab dari penyelenggara pos/perusahaan jasa titipan (PJT). Kami sarankan kakak agar dapat menghubungi PJT/penyelenggara pos yang menangani barang kiriman kakak. Terima kasih

    2. Pak/bu kenapa pesanan atas nama febby nathalia belum diantar² juga ke alamat saya ya???? Dan kenapa saya harus datang kesana? padahal jarak dari rumah saya ke tanjung morawa itu sangatlah jauh!!! Apalagi ini musim corona saya tidak berani kemana-mana tolong pengertiannya pak/bu jangan mempersulit saya untuk ino
      Paket atas nama febby nathalia butar butar
      No resi : CY536062875DE

      1. Selamat Pagi Kak..
        Berdasarkan data pada laman https://www.beacukai.go.id/barangkiriman, Status terakhir tanggal 04 Desember 2020 “PERMINTAAN DOKUMEN OLEH PEJABAT BEA CUKAI :
        1. Bukti pembelian atau pembayaran yang sah dan tervalidasi 2. NPWP mohon lampirkan bukti tersebut ke email : bckualanamupos@gmail.com
        kami meminta kakak untuk mengirimkan data yang diminta oleh pejabat bea dan cukai untuk penetapan nilai pabean terhadap barang kiriman kakak. Terima kasih
        Untuk mendapatkan informasi lainnya dapat follow sosial media kami (instagram, facebook, dan twitter) @beacukailampung

      1. Selamat sore kak..
        mohon izin Kak untuk sebutkan No AWB (NO. Resi) barang tersebut kepada kami melalui nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 untuk memastikannya. terima kasih

      2. Halo kak, saya mau tanya, paket saya dari tannggal 2 juni 2021 kok tidak gerak ya? Posisinya masih di “barang keluar dari gudang” padahal sekarang sudah tanggal 7 juni 2021, itu gimana ya? No resinya EB034415090KR

        1. selamat siang kak..
          Berdasarkan data pada laman http://www.beacukai.go.id/barangkiriman, status barang kiriman dengan No Resi (No. AWB) EB034415090KR per tanggal 02 Juni 2021 yaitu “BARANG KELUAR DARI GUDANG” dalam hal ini Pihak PJT/penyelenggara pos sedang mengirimkan barang kiriman ke alamat penerima barang kiriman. Silakan menghubungi PT Pos Indonesia terkait distribusi barang kiriman kakak. terima kasih

    3. Halo kak, no pesanan saya dengan no resi ID2126383876012 di website beacukai telah pelunasan. Lalu, bagaimana saya tau kalau paket saya telah keluar dari gudang? Dan kepada jasa kirkm mana dilanjutkan untuk sampai ke alamat saya? Dan butuh berapa hari?

      1. Selamat siang Kak..
        PJT yang menangani barang kiriman kakak adalah PT Cepat Maju Jaya. kakak dapat melakukan tracking barang kiriman secara mandiri melalui http://www.beacukai.go.id/barangkiriman
        Terkait distribusi barang kiriman merupakan tanggungjawab dari pihak PJT yang menangnani barang kiriman tersebut. Terima kasih

        1. Boleh minta no tlp
          PT.CEPAT MAJU JAYA pak..soal”a paket saya juga belom sampe status di urus PT tersebut saya kesulitan menfhubungi…trimakasih

    4. Pak, bagaimana jika barang yang sudah sampai pos indonesia, dikembalikkan lagi ke negara asal karna ada beberapa barang terdapat baterai, dan apakah dari negara asal nanti akan dikembalikkan lagi ke indonesia?

      1. Selamat Pagi Kak..
        Mohon sebutkan No AWB (No. Resi) Barang Kiriman kakak agar kami dapat menjelaskannya.
        Perlu kami sampaikan bahwa terhadap barang yang terkena larangan dan pembatasan dapat dilihat melalui laman https://intr.insw.go.id/ menu Indonesia NTR submenu Lartas information dengan memasukkan key words (kata kunci) yang akan dicari. Terhadap barang yang telah di re-ekspor atas permohonan dari penerima barang kiriman tidak dapat dikembalikan ke Indonesia (PMK 102/PMK.04/2019 tentang Ekspor Kembali Barang Impor). Terima kasih

  2. permisi kak. mau tanya . biasanya kalo barang berangkat keluar dari gudang brp lama wktu yg dibutuhkan? aku ada kiriman paket dari usps, barng kluar dari gudng tanggal 9, tapi smpe skrg mentok disitu2 aja ga ada informasi lebih lanjut. gimana itu ya?

      1. mau nanya bnr gx si di telpon oleh kantor bea cukai terus harus pake asuransi gitu klo mau barang nya di kirim trus aku di suruh bayar langsung dri telpon

        1. Selamat siang kakak.. pastikan nomor telepon yang menghubungi merupakan nomor telepon resmi bea cukai lampung ya kak yaitu 081366777394 (bea cukai di kantor pos) 082183089999 (telp layanan informasi). Untuk pembayaran pungutan negara dilakukan dengan menggunakan kode billing bukan nomor rekening ya kak. jadi kalo ada yang meminta pembayaran ke rekening pribadi patut dicurigai itu penipuan ya kak. terkait ciri-ciri penipuan bs baca artikel kami di https://bclampung.beacukai.go.id/artikel/waspada-penipuan/
          terima kasih kak.

  3. Kak saya mau tanya,saya ada paket dari luar negri,dari China.status pengiriman nya “paket anda dikirim dari sorting shopee Shenzhen China”.sudah ada 3 hari.pertanyaan nya paket saya itu sebenarnya sudah sampai Indonesia atau bea cukai,apa masih di China?

    1. Untuk status barang yang informasinya dari platform e-commerce seperti shoppee bs ditanyakan langsung kepada pihak shoppee nya. untuk barang kiriman dari luar negeri yang sudah sampai di Indonesia bs dilakukan melakukan pengecekan di https://www.beacukai.go.id/barangkiriman dengan melakukan pengisian nomor resi. Terima Kasih..

      1. Saya beli paket lewat apk online shopee
        Terus saya cek barang saya sudah sampai Indonesia belum. Dan ternyata sudah tapi di situ ada tagihan sebesar 46ribu. Itu bagaimana

    1. selamat siang Kak, informasi mengenai statu barang kiriman kakak saat ini dapat melalui laman beacukai.go.id/barangkiriman dan jika telah terdapat billing resmi maka dapat konfirmasi PJT atau pihak PT Pos sebagai penyelenggara pos

      1. Hai kak aku lagi order barang dari China, status terakhir tgl 11 Agustus “sedang dalam proses transit dari China ke Indonesia, dan itu sampai sekarang kak tgl 16 agustus. Dan ga berubah sama sekali, terus bagaimana kak? Bisa tolong bantu?

    2. Paket saya masih dalam status”paket anda telah dikirimkan dari pusat sortir shopee di shenzhen china” sudah 6 hari status pengirimannya tidak berubah,sedangkan besok tanggal 16 sudah estimasi barang sampai,itu gimana ya

      1. Selamat sore Kak..
        Mohon sebutkan No. Resi (No. AWB) Barang Kiriman Kakak agar kami dapat menjelaskan ke kakak. Terkait status barang kiriman, kakak dapat melakukan tracking secara mandiri melalui laman http://www.beacukai.go.id/barangkiriman
        Perlu kami sampaikan bahwa penyiapan dokumen dan fisik barang untuk diperiksa oleh Bea Cukai tergantung dari PJT/Penyelenggara pos yang menangani barang kiriman Kakak. Terima kasih

  4. Halo, saya mau nanya dong. Ini teman saya dapat paket dari london dikirim kemarin. Lalu tadi pagi ada no perorangan/ pribadi yang telp mengatasnamakan dari pihak bea cukai mengabarkan kalau barangnya sudah sampai di bali dan disuruh bayar beacukai nya sebesar 8jt ke rek pribadi. Apakah itu benar dari pihak bea cukai nya?
    Lalu harusnya prosedur yang benar bagaimana ya?

    1. Selamat siang kak, untuk melakukan tracking barang kiriman dari luar negeri dapat melalui beacukai.go.id/barangkiriman. Sebagai informasi, petugas Bea Cukai tidak pernah menghubungi langsung penerima barang melalui nomor pribadi. Untuk pembayaran pungutan negara dilakukan dengan menggunakan kode billing bukan nomor rekening ya kak. Jadi kalo ada yang meminta pembayaran ke rekening pribadi patut dicurigai itu penipuan ya kak. terkait ciri-ciri penipuan bs baca artikel kami di https://bclampung.beacukai.go.id/artikel/waspada-penipuan/
      terima kasih kak.

  5. Hai kak aku lagi order barang dari China, status terakhir tgl 11 Agustus “sedang dalam proses transit dari China ke Indonesia, dan itu sampai sekarang kak tgl 16 agustus. Dan ga berubah sama sekali, terus bagaimana kak? Bisa tolong bantu?

    1. selamat sore kak..
      Dokumen Diterima untuk Diproses Bea Cukai mengindikasikan bahwa barang kiriman telah diinput oleh Perusahaan Jasa Titipan (PJT) atau PT Pos Indonesia ke sistem Bea Cukai. Dengan begitu, kakak sudah bisa melakukan tracking untuk melacak barang tersebut melalui Bea Cukai melalui website http://www.beacukai.go.id/barangkiriman
      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999.

  6. Dokumen Diterima untuk Diproses Bea Cukai, ini maksudnya gimana ya kak? soalnya tadi dapet kiriman dari pak pos isinya nota permintaan data gitu

    1. selamat sore kak..
      Dokumen Diterima untuk Diproses Bea Cukai mengindikasikan bahwa barang kiriman telah diinput oleh Perusahaan Jasa Titipan (PJT) atau PT Pos Indonesia ke sistem Bea Cukai. Dengan begitu, kakak sudah bisa melakukan tracking untuk melacak barang tersebut melalui Bea Cukai melalui website http://www.beacukai.go.id/barangkiriman.
      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999.

  7. permisi, saya ingin tanya, paket saya sudah 4 hari dipengecekan x ray dan mentok di situ2 aja, itu kira2 kenapa ya? sudah cek di tracking bea cukainya juga, dan kira2 berapa lama lagi ya, terimakasih 🙏🏻

    1. Selamat siang kak, perlu kami sampaikan bahwa penyiapan barang untuk diperiksa oleh pegawai Bea Cukai setelah x-ray merupakan tanggungjawab dari PJT (Perusahaan Jasa Titipan) atau PT Pos Indonesia. Untuk melakukan tracking barang kiriman dari luar negeri dapat melalui website http://www.beacukai.go.id/barangkiriman dengan menginput nomor resinya.
      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999.

  8. Selamat pagi pak..Hari selasa kemarin saya mendapat paket dari London dan besoknya saya di telfon pihak bea cukai untuk membayar 5 juta. Apakah itu benar?

    1. Selamat pagi Kak..
      untuk melakukan tracking barang kiriman dari luar negeri dapat melalui website http://www.beacukai.go.id/barangkiriman dengan menginput nomor resinya. Sebagai informasi, petugas Bea Cukai tidak pernah menghubungi langsung penerima barang melalui nomor pribadi. Untuk pembayaran pungutan negara dilakukan dengan menggunakan kode billing bukan nomor rekening ya kak. Jadi kalo ada yang meminta pembayaran ke rekening pribadi patut dicurigai itu penipuan ya kak. terkait ciri-ciri penipuan bs baca artikel kami di https://bclampung.beacukai.go.id/artikel/waspada-penipuan/
      terima kasih kak.
      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999.

  9. Assalamulaikum kak, mau tanya knapa status kiriman saya tidak berubah sejak tanggal 3 oktober 2020

    Status kiriman:
    2020-10-03 11:43:20.0 203 SELESAI VALIDASI SISTEM BEA CUKAI
    2020-10-03 11:43:20.0 202 PROSES VALIDASI SISTEM BEA CUKAI
    2020-10-03 11:43:20.0 201 CEK DATA WAJIB SELESAI
    2020-10-03 11:43:20.0 100 DOKUMEN DITERIMA UNTUK DIPROSES BEA CUKAI

    1. Wa ‘alaykum salam warohmatullohi wabarokaatuh..
      Mohon sebutkan kode trackingnya kak melalui nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 dan akan kami bantu cek. Terima kasih

  10. Sy mau tanya kak kenapa status kiriman saya tidak berubah di beacukai
    Statusnya masih tetap berada pada selesai valifasi sistem beacukai

    1. selamat sore Kak..
      Mohon sebutkan kode trackingnya kak melalui nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 dan akan kami bantu cek. Terima kasih

  11. Permisi kak, Mau tanya saya sudah coba tracking melalui web yang sudah diberikan diatas.
    Disana tertulis paket saya sudah sampai tahap melalui pemindai (X-Ray) sejak tanggal 3 Oktober 2020.
    Saya mau tanya tahap selanjutnya setelah proses tersebut apa ya? karena sampai sekarang, 7 Oktober 2020, tidak ada perubahan atau tahap lanjutan dari pemindai (X-Ray) sejak tanggal 3 Oktober 2020.
    Terimakasih.

    1. Selamat sore Kak..
      Mohon sebutkan kode trackingnya kak melalui nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 dan akan kami bantu cek. Terima kasih

      1. selamat sore kak..
        Mohon sebutkan kode trackingnya kak melalui nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 dan akan kami bantu cek. Terima kasih

    2. Beli hp di akulaku harga 1.700 000….say cek resi di bea cukai disitu ada Billing Consol total sebesar 399.870.000,,,,itu maksudnya apa sebesar itu,dibebabkan ke siapa itu ampe ratusan juta,ga ngrti saya.tolong diperjelas

      1. Selamat Siang Kak..
        Mohon kiranya Kakak dapat mengirimkan uraian billing tersebut melalui email kami (plibclampung@gmail.com) agar kami dapat menjelaskan ke kakak. terima kasih
        Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 atau sosial media kami (instagram, facebook, dan twitter) @beacukailampung

    1. Selamat pagi Kak..
      Mohon sebutkan kode trackingnya kak melalui nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 dan akan kami bantu cek. Terima kasih

    1. Selamat pagi kak..
      Mohon sebutkan kode trackingnya kak melalui nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 dan akan kami bantu cek. Terima kasih

  12. Kami nanya paket saya dr tgl 4-12 october statusnya menunggu pemindaian x Ray stuck di situ terus . Kira kira knp ya ka.
    ID2019700380052

    1. selamat sore kak..
      Mohon sebutkan kode trackingnya kak melalui nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 dan akan kami bantu cek. Terima kasih

      1. Kalau sudah begini apakah ada pembayaran lagi saya kurang paham belanja du Akulaku,apa ini sudah dilunasi semua kalau sudah ada keteranagan begitu mohon pencerahan nyaINFORMASI NOMOR BARANG
        No Barang/AWB/Resi 0100142003421236 (FOB BC= USD 6.53)
        Tgl AWB 2020-10-28
        TAGIHAN BILLING
        KODE BILLING 620201100018349 | NTPN:0
        TOTAL BILLING Billing Konsol : 399,870,000
        412111 – Bea Masuk 9,000
        411123 – Pajak Penghasilan 0
        411212 – Pajak Pertambahan Nilai 12,000
        411222 – Pajak Penjualan Barang Mewah 0
        412123 – Bea Masuk Tindakan Pengamanan Sementara 0
        Total Tagihan 21,000

        1. Selamat Pagi Kak..
          Perlu kami sampaikan bahwa billing yang diterbitkan oleh Bea Cukai terkait impor barang kiriman berupa tagihan Bea masuk dan Pajak Dalam Rangka Impor sedangkan biaya yang terbit selain yang diterbitkan oleh Bea Cukai merupakan kebijakan dari Perusahaan Jasa Titipan (PJT) / Penyelenggara Pos (Contoh: biaya handling).
          Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 atau sosial media kami (instagram, facebook, dan twitter) @beacukailampung

  13. Kak kalo barang dah keluar dari gudang itu sudah dikirimkan ke alamat penerima atau dikirimkan ke kantor sesuai masing2 provinsi?? Contohnya barang saya yang keluar berada di jakarta sedangkan alamat saya di sumatera utara. Itu gimana ya??

    1. Selamat siang Kak..
      Perlu kami sampaikan bahwa jika status barang kiriman telah keluar dari gudang sebagaimana hasil tracking pada beacukai.go.id/barangkiriman maka untuk kegiatan selanjutnya berupa mengirim barang kiriman hingga ke alamat penerima merupakan tanggung jawab pada PJT (Perusahaan Jasa Titipan) atau PT Pos Indonesia. Terima kasih

  14. permisi, saya ingin tanya, paket saya sudah 4 hari (sejak 12 okt – 15 okt 2020) dipengecekan x ray dan ga ada perubahan status hingga hari ini mohon dibantu infonya no resi : ID2036837244946 dan pengiriman alamat ke tangerang apakah yg dihubungi jg bea cukai dari lampung?

      1. Apakah ada masalah dgn paket sy? Karena hingga hari ini 16 okt 2020 (terhitung 5 hari) blm ada perubahan status jg msh stuck di sdh lwt xray.. kira2 butuh waktu berapa lama lg ya ? Mohon agar ditindaklanjuti & bantuannya agar cepat selesai permasalahannya. Makasi

        1. selamat sore Kak..
          sebagaimana telah kami sampaikan jawaban sebelumnya bahwa status barang kiriman sedang menunggu penyiapan barang dari Penyelenggara Pos (PT. SINERGI KARYA KHARISMA / http://www.skklogistics.com/) sehingga dalam hal ini bea cukai menunggu penyiapan barang dari PT. SINERGI KARYA KHARISMA sebagai penanggung jawab untuk diproses lebih lanjut
          Terima kasih

    1. Selamat siang Kak..
      Untuk pembayaran pungutan negara dilakukan dengan menggunakan kode billing bukan nomor rekening ya kak. Salah satu media pembayaran billing melalui tokopedia. Terima kasih telah melakukan pembayaran. Terkait pengiriman barang hingga ke alamat penerima merupakan tanggung jawab dari PT Pos Indonesia atau Perusahaan Jasa Titipan (PJT).
      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999.

        1. Selamat Pagi Kak..
          Mohon sebutkan no AWB (NO. Resi) barang kiriman kakak agar kami dapat menjelaskan ke kakak. Terhadap 1 buah hp dengan harga sekitar 700ribuan tidak mungkin terbit tagihan billing sebesar 200 jutaan. Kami Menghimbau kakak untuk mengecek secara mandiri status barang kiriman kakak melalui http://www.beacukai.go.id/barangkiriman
          Terima kasih

  15. kenapa yah pesanan saya untuk om saya masih di perjalanan , tapi status di akulaku barang udah sampai

    status barang saya dalam

    1. Selamat siang kak
      Perlu kami sampaikan bahwa proses barag kiriman yang dilakukan oleh bea dan cukai secara real time akan di publikasikan melalui https://www.beacukai.go.id/barangkiriman
      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 atau sosial media kami (instagram, facebook, dan twitter) @beacukailampung

        1. selamat sore Kak..
          Berdasarkan data dari beacukai.go.id/barangkiriman status terakhir barang kiriman kakak yaitu “SPPBMCP TELAH DILUNASI, PENERIMA BARANG SILAHKAN KONFIRMASI KE PENYELENGGARA POS/PJT. Dimohon kakak dapat menghubungi PJT dimaksud (ANDALAN EXPRESS INDONESIA / https://www.aei.id/track) dan dalam pengiriman (distribusi) barang hingga ke kakak dapat menghubungi akulaku (https://www.akulaku.com/).
          Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 atau sosial media kami (instagram, facebook, dan twitter) @beacukailampung

      1. Saya membeli barang dari us lewat situs online setelah tiba di indo di handle oleh pt cepat maju jaya,,mohon info nomer pt tsb,untuk pengiriman ke alamat apakah ekpedisi pt cepat maju jaya yang antar?ini nomer tracknya APELAUS255101994

  16. PAGI PAK, KENAPA BARNG YANG SAYA PESAN DARI LUAR NEGERI SAMPAI SEKARANG STAUSNYA MASIH PENELITIAN OLEH BEA CUKAI, DAN KAPAN BARANG TERSEBUT KELUAR DARI GUDANG BEA CUKAI. TERIMA KASIH.

    1. selamat pagi Kak..
      Mohon sebutkan No AWB (NO. Resi) barang tersebut melalui nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 dan akan kami bantu cek. Terima kasih

        1. Selamat Pagi kak..
          Berdasarkan data dari beacukai.go.id/barangkiriman hingga saat ini pihak PJT (PT. SINERGI KARYA KHARISMA / http://www.skklogistics.com/) selaku perwakilan kakak belum melunasi SPPBMCP hingga lewat waktu yang telah ditetapkan. Diharapkan penerima barang melakukan konfirmasi ke PJT tersebut (PT. SINERGI KARYA KHARISMA / http://www.skklogistics.com/)
          Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 atau sosial media kami (instagram, facebook, dan twitter) @beacukailampung

  17. selamat sore
    Bagaimana jika barang kiriman merupakan hadiah sehingga tidak dapat melampirkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan? Apakah harus menunggu 14 hari untuk proses selanjutnya?
    Terima kasih.

    1. Selamat sore Kak..
      Terkait ​Nota permintaan data atau dokumen barang kiriman ( NPD-BP)
      Mohon Kakak menyampaikan data yang di minta dengan menyebutkan keterangan bahwa asal barang tersebut merupakan hadiah dengan berdasarkan sumber yang valid tanpa menunggu 14 hari. Terima kasih

  18. Min saya ada kiriman paket dari china sdh 5 hari ini status nya, DOKUMEN DITERIMA UNTUK DIPROSES BEA CUKAI. Resi nya ID208999408264W

    1. selamat sore Kak..
      Berdasarkan data dari beacukai.go.id/barangkiriman status terakhir barang kiriman kakak yaitu “SPPBMCP TELAH DILUNASI, PENERIMA BARANG SILAHKAN KONFIRMASI KE PENYELENGGARA POS/PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN”. Dimohon kakak dapat menghubungi PJT dimaksud (PT. PRIMA GLOBAL TRANS) dalam pengiriman (distribusi) barang hingga ke kakak.
      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 atau sosial media kami (instagram, facebook, dan twitter) @beacukailampung

    2. Min saya ada kiriman paket dari china sdh 5 hari ini status nya, DOKUMEN DITERIMA UNTUK DIPROSES BEA CUKAI. Resi nya ID208999408264W

      1. selamat pagi Kak..
        sebagaimana telah kami sampaikan sebelumnya,dimohon kakak dapat menghubungi PJT dimaksud (PT. PRIMA GLOBAL TRANS) dalam pengiriman (distribusi) barang hingga ke kakak.
        Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 atau sosial media kami (instagram, facebook, dan twitter) @beacukailampung

  19. Selamat siang,

    PAket saya dar China statusnya sudah dikirim ke kedamaian, apakah maksudnya sudah di serahkan ke kantor pos atau bagaimana ya?

    Sat, 17 Oct 2020 04:20:04 SHENZHEN, CHINA, PEOPLE’S REPUBLIC Shipment info registered at SHENZHEN.
    Mon, 19 Oct 2020 10:08:12 SHENZHEN, CHINA, PEOPLE’S REPUBLIC Pickup shipment checked in at SHENZHEN.
    Sat, 31 Oct 2020 09:05:51 HONG KONG, HONGKONG Shipment departed to INDONESIA.
    Mon, 02 Nov 2020 15:34:16 KEDAMAIAN,BANDAR LAMPUNG, INDONESIA Shipment is out for delivery.
    Mon, 02 Nov 2020 23:34:16 KEDAMAIAN,BANDAR LAMPUNG, INDONESIA Shipment is out for delivery.
    Tue, 03 Nov 2020 07:29:00 GATEWAY JAKARTA, INDONESIA Shipment departed from/to GATEWAY JAKARTA station.
    Wed, 04 Nov 2020 07:59:00 BANDARLAMPUNG, INDONESIA Shipment arrived at BANDARLAMPUNG station.
    Wed, 04 Nov 2020 18:58:00 KEDAMAIAN,BANDAR LAMPUNG, INDONESIA DELIVERED
    SHIPMENT DELIVERED

    1. selamat sore kak..
      mohon izin Kak untuk sebutkan No AWB (NO. Resi) barang tersebut melalui nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 untuk memastikannya. terima kasih

  20. Halo min, pengiriman dengan nomor LP181989948SG. Dengan pajak sebesar Rp. 24.000 dan sudah muncul no. e-billingnya. Status terakhir sudah keluar dari gudang tetapi saya belum membayar pajak masuknya. Apa yang harus saya lakukan ya? Apakah membayar pajak ke kantor pos terdekat atau menunggu barang sampai baru pajaknya ditagih saat barang sampai ditangan saya ya? Mohon maaf sebelumnya tapi saya berlokasi di Bogor. Terimakasih min

    1. Selamat Sore Kak..
      Terkait pembayaran Bea Masuk dan Pajak kiriman Impor Kakak dapat menghubungi Kantorpos terdekat kediaman kakak yang melayani Layanan Pospay dengan menyebutkan Nomor E-billing tersebut (https://www.posindonesia.co.id/id/content/42). Terima kasih
      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 atau sosial media kami (instagram, facebook, dan twitter) @beacukailampung

  21. halo gan, barang saya sudah di status “BARANG KELUAR DARI GUDANG” dari tanggal 21, tapi sampai sekarang blum ada update lagi. Bisa tolong cek nomor resinya
    RX068034245JP
    Terimakasih.

    1. selamat siang Kak..
      Berdasarkan data pada laman beacukai.go.id/barangkiriman sejak tanggal 21 November 2020 berstatus “BARANG KELUAR DARI GUDANG”. Perlu kami sampaikan bahwa distribusi barang kiriman hingga ke alamat penerima barang merupakan tanggung jawab penyelenggara pos (PT Pos Indonesia).
      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 atau sosial media kami (instagram, facebook, dan twitter) @beacukailampung

  22. Met siang Bapak, code tracking EE798991598TW, barusan sy cek ada PPN 2.000 mksd nya bgmn ya Pak. Saya kirim brg dr Taiwan 23 Okt ke kota Padang. Dari tgl 2 Nov paket sdh di beacukai sampai sekarang, biasanya kapan sampai di pos kota penerima ya. Terimakasih

    1. Selamat siang Kak..
      Berdasarkan data pada laman beacukai.go.id/barangkiriman bahwa pejabat Bea dan Cukai telah menerima dan memproses barang kiriman yang diajukan oleh PT Pos Indonesia selaku perwakilan penerima barang kiriman pada tanggal yang sama yaitu tanggal 02 November 2020. Terkait pembayaran Bea Masuk dan Pajak kiriman Impor Kakak dapat menghubungi Kantorpos terdekat kediaman kakak yang melayani Layanan Pospay dengan menyebutkan Nomor E-billing tersebut (https://www.posindonesia.co.id/id/content/42). Terkait distribusi barang kiriman hingga ke alamat penerima barang merupakan tanggung jawab penyelenggara pos (PT Pos Indonesia). Terima kasih

  23. Hallo kak saya tracking nomer resi ID202814879661S barang katanya sudah pelunasan sppbmcp lalu selanjutnya barang kemana ya..

    1. selamat sore Kak..
      Berdasarkan data dari beacukai.go.id/barangkiriman status terakhir barang kiriman kakak yaitu “SPPBMCP TELAH DILUNASI, PENERIMA BARANG SILAHKAN KONFIRMASI KE PENYELENGGARA POS/PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN”. Dimohon kakak dapat menghubungi PJT dimaksud (PT. SINERGI KARYA KHARISMA / http://www.skklogistics.com/) dalam pengiriman (distribusi) barang hingga ke kakak. Terima kasih
      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 atau sosial media kami (instagram, facebook, dan twitter) @beacukailampung

  24. Halo kak, paket saya dengan no. Resi ID200706740849D
    Sudah 3 hari tidak bergerak dan Masih di X- Ray mohon untuk segera di antar ke alamat….

    1. selamat malam Kak..
      Perlu kami sampaikan bahwa Bea Cukai menunggu penyiapan barang dari PT. PRIMA GLOBAL TRANS sebagai penanggung jawab untuk diproses lebih lanjut.
      Terima kasih
      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 atau sosial media kami (instagram, facebook, dan twitter) @beacukailampung

  25. Halo kak, paket saya dengan no. resi ID200706740849D sudah 3 hari masih di X- Ray mohon untuk segera di antar ke alamat…

    1. selamat malam Kak..
      Perlu kami sampaikan bahwa Bea Cukai menunggu penyiapan barang dari PT. PRIMA GLOBAL TRANS sebagai penanggung jawab untuk diproses lebih lanjut.
      Terima kasih
      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 atau sosial media kami (instagram, facebook, dan twitter) @beacukailampung

  26. Halo pak, barang saya dengan resi ID200706740849D sudah 3 hari tidak bergerak dan masih di X-Ray, mohon untuk segera dikirim ke alamat…

    1. selamat malam Kak..
      Perlu kami sampaikan bahwa Bea Cukai menunggu penyiapan barang dari PT. PRIMA GLOBAL TRANS sebagai penanggung jawab untuk diproses lebih lanjut.
      Terima kasih
      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 atau sosial media kami (instagram, facebook, dan twitter) @beacukailampung

  27. Kak untuk resi ID2026561785319 itu saya disuruh apa ya? Terus gimana saya menghubunginya, barang saya kenapa belum selesai2? Saya memesan barang itu dri shopee

    1. selamat sore Kak..
      Berdasarkan data dari beacukai.go.id/barangkiriman status terakhir barang kiriman kakak yaitu “SPPBMCP TELAH DILUNASI, PENERIMA BARANG SILAHKAN KONFIRMASI KE PENYELENGGARA POS/PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN”. Dimohon kakak dapat menghubungi PJT dimaksud (PT. LOGISTIK WAHANA EKSPRESS / YONGSUNG LOGISTICS CO. LTD) dalam pengiriman (distribusi) barang hingga ke kakak. Terima kasih
      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 atau sosial media kami (instagram, facebook, dan twitter) @beacukailampung

    2. Selamat pagi Pak, pesanan shopee saya dengan AWB ID203606070984J kenapa statusnya terhenti di 102 telah melalui pemindai xray terus ya sejak tanggal 12 Desember? Kapan kira2 bisa diantar ke alamat penerima?

      1. Selamat Siang Kak..
        Perlu kami sampaikan bahwa Bea Cukai menunggu penyiapan barang dari PT. LOGISTIK WAHANA EKSPRESS sebagai penanggung jawab untuk diproses lebih lanjut.
        Terima kasih
        Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 atau sosial media kami (instagram, facebook, dan twitter) @beacukailampung

  28. Bisa check barang tanpa no resi? Saya kirim paket dari Taiwan sudah 1 bulan lebih belum sampai alamat tujuan. Saya tidak pakai ems jadi tidak ada no resinnya. Please mohon di bantu.terima kasih

    1. selamat sore Kak..
      Mohon sebutkan nama penerima dan pengirim barang disertai alamat tujuan melalui 082183089999 atau sosial media kami (instagram, facebook, dan twitter) @beacukailampung.
      Terima kasih

  29. Assalammualaikum wr. Wb
    Mohan maaf seblum ya saya mau tanya barang saya, kok masih di pemeriksaan x-ray apakah masih lama ya no resi ID2089250164788
    Trimakasih sebelumya

    1. Wa ‘alaykum salam Wr.Wb
      Perlu kami sampaikan bahwa Bea Cukai menunggu penyiapan barang dari PT. PRIMA GLOBAL TRANS sebagai penanggung jawab untuk diproses lebih lanjut.
      Terima kasih
      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 atau sosial media kami (instagram, facebook, dan twitter) @beacukailampung

  30. No. Resi: ID203621719382J
    Mohon di cek kan pak,, lalu jelaskan pada saya apa yang harus saya lakukan selanjutnya.

    1. Selamat sore Kak..
      Berdasarkan data dari beacukai.go.id/barangkiriman status terakhir barang kiriman kakak yaitu “PENETAPAN SPPBMCP (PEMBAYARAN DAN PERSETUJUAN KELUAR), PENERIMA BARANG SILAHKAN KONFIRMASI KE PENYELENGGARA POS/PJT”. Dimohon kakak dapat menghubungi PJT dimaksud (PT. SINERGI KARYA KHARISMA / http://www.skklogistics.com/) dalam pengiriman (distribusi) barang hingga ke kakak. Terima kasih
      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 atau sosial media kami (instagram, facebook, dan twitter) @beacukailampung

  31. ID206690865549O

    2020-12-20 20:28:09.0 102 BARANG TELAH MELALUI PEMINDAI (X-RAY)

    Status barang saya dari tnggal 20 dsitu mulu. Apakah ini artinya barang siap di teruskan ke penerima kak ??

    TAGIHAN BILLING
    KODE BILLING | NTPN:null
    TOTAL BILLING –
    Total Tagihan 0
    Apakah artinya ini tidak ada tagihan billing ka ?? Mhon pnjelasannya. Trimakasih

    1. Selamat siang Kak..
      Berdasarkan data dari beacukai.go.id/barangkiriman bahwa (FOB BC= USD Belum ditetapkan) sehingga belum diproses lebih lanjut menunggu pihak PJT (PT. SINERGI KARYA KHARISMA) mengajukan kesiapan fisik barang untuk diperiksa. Terima kasih

    1. Selamat Siang kak..
      Berdasarkan data dari beacukai.go.id/barangkiriman bahwa sejak tanggal 2020-12-14 03:13:47.0 status barang kiriman dengan AWB ID2040603040217 yaitu “SPPBMCP BELUM DILUNASI LEWAT WAKTU” (pihak PT. SINERGI KARYA KHARISMA selaku PJT belum memenuhi kewajiban pembayaran Bea Masuk, PPN, dan PPh hingga waktu yang telah ditentukan). Bea dan Cukai menunggu pihak PT. SINERGI KARYA KHARISMA mengajukan kembali penetapan SPPBMCP serta diharapkan penerima barang untuk melakukan konfirmasi kepada penyelenggara PJT tersebut (barang kiriman masih terdapat di PJT). Terima kasih

  32. Siang, mau tanya, saya rencana beli vitamin dari merchant online luar negeri. Dari merchant tsb ada pilihan pengiriman menggunakan JNE dan sudah termasuk duty&tax. Yang mau saya tanyakan, apakah nanti paket tersebut bisa tertahan di bea cukai atau bisa langsung JNE kirimkan ke saya (mengingat saya sdh membayarkan duty&tax-nya langsung)? Terima kasih

    1. Selamat siang kak..
      Setiap Penyelenggara Pos/Perusahaan Jasa Titipan (PJT) memiliki kebijakan masing-masing (termasuk dalam pembayaran Bea masuk, PPN, atau PPh). Silahkan kakak dapat menghubungi Penyelenggara Pos/PJT terhadap kebijakan tersebut. Terima kasih
      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 atau sosial media kami (instagram, facebook, dan twitter) @beacukailampung

  33. Apakah memang memakan waktu yang sangat lama untuk pemeriksaan fisik seperti itu ? saya ada menghubungi pihak PT SINERGI KARYA KHARISMA yang kata nya menuggu pikak beacukai memeriksa. Jadi yang manakah yang benar kak ?

    1. Selamat sore Kak..
      Perlu kami sampaikan bahwa Bea Cukai menunggu penyiapan barang dari PT SINERGI KARYA KHARISMA untuk dilakukan pemeriksaan fisik (dalam hal ini pengajuan barang kiriman yang akan diperiksa fisik ditentukan oleh pihak PJT sehingga pejabat Bea Cukai tidak bisa memilih barang kiriman yang akan diperiksa).
      Berdasarkan data dari http://www.beacukai.go.id/barangkiriman status terakhir barang kiriman kakak yaitu “SPPBMCP TELAH DILUNASI, PENERIMA BARANG SILAHKAN KONFIRMASI KE PENYELENGGARA POS/PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN”. Dimohon kakak dapat menghubungi PJT dimaksud (PT. SINERGI KARYA KHARISMA / http://www.skklogistics.com/) dalam pengiriman (distribusi) barang hingga ke kakak.
      Terima kasih

  34. Dear All Team Custom BC.
    tolong info No.resi ID2062620372581 saya cek Statusnya SPPBMCP BELUM DILUNASI LEWAT WAKTU.
    ini siapa yg urus ya.? sampai kapan Pesanan saya ditahan di BC.?
    untuk hal ini mohon advicenya Bapak/ibu.
    Terima kasih.

    1. Selamat sore Kak..
      Perlu kami sampaikan bahwa setiap penyelenggara pos/Perusahaan Jasa Titipan (PJT) memiliki kebijakan masing-masing (termasuk dalam pembayaran tagihan Bea Masuk, PPN, dan/atau PPh). Silahkan kakak konfirmasi PJT dimaksud (PT. SINERGI KARYA KHARISMA / http://www.skklogistics.com/). Selain itu, pihak Bea dan Cukai tidak menahan barang kiriman Kakak jika pihak PJT selaku perwakilan penerima barang telah melakukan kewajiban melunasi tagihan tersebut. Terima kasih
      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 atau sosial media kami (instagram, facebook, dan twitter) @beacukailampung

  35. Maaf izin bertanya, dari tanggal 15 Januari 2021 paket saya dengan No. Resi EN071836613JP ada di pemeriksaan bea cukai. Memang butuh waktu berapa lama ya pemeriksaan di bea cukai?

    1. Selamat malam Kak..
      Berdasarkan data pada laman https://www.beacukai.go.id/barangkiriman, Status terakhir yaitu “PERMINTAAN DOKUMEN OLEH PEJABAT BEA CUKAI :
      Lampirkan link website pembelian barang, bukti pembayaran, dan invoice melalui email ke: pos.bclampung@gmail.com (email dalam huruf kecil) dalam jangka waktu tidak lebih dari 14 hari. kami meminta kakak untuk mengirimkan data yang diminta oleh pejabat bea dan cukai untuk penetapan nilai pabean terhadap barang kiriman kakak. Terima kasih
      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 atau sosial media kami (instagram, facebook, dan twitter) @beacukailampung

        1. Selamat Pagi Kak..
          Sebagaimana telah kami sampaikan sebelumnya bahwa tahap selanjutnya yaitu penetapan nilai pabean terhadap barang kiriman Kakak oleh pejabat Bea dan Cukai dan terbit billing untuk segera dipenuhi kewajibannya. Terima kasih

    1. Selamat siang Kak..
      Perlu kami sampaikan bahwa pemberitahuan terkait permintaan dokumen oleh pejabat bea dan cukai, terbitnya tagihan billing dan/atau bukti pembayaran akan dikirim ke alamat email penerima barang kiriman (hard copy akan disampaikan oleh PT POS Indonesia). Terima kasih

  36. Mf sy ini cacat tunarungu.. Ingin tanya pak/ibu,sy belum memahami tentang barang kiriman dari luar negeri ke indonesia.kenai bayar bea cukai? Tapi masih penitipan kantor bea cukai jakarta karena belum bayarnya. Sy belum mentransfer, sy sangat takut kenai penipuan.gimana tanggapan ini?

      1. Apakah total billing itu saya yang bayar kak atau hanya total tagihan yang harus saya bayar kak?, terima kasih

        1. Selamat siang kak..
          Perlu kami sampaikan bahwa setiap Perusahaan Jasa Titipan(PJT) / Penyelenggara Pos memiliki kebijakn masing-masing terkait terbitnya billing dalam hal pembayaran Bea Masuk dan Pajak Dalam Rangka Impor. Dimohon kakak dapat menghubungi pihak PJT/Penyelenggara Pos yang menangani barang kiriman kakak. Terima kasih
          Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 atau sosial media kami (instagram, facebook, dan twitter) @beacukailampung

        1. Sama-sama kak..
          Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 atau sosial media kami (instagram, facebook, dan twitter) @beacukailampung

  37. “405 SPPBMCP TELAH DILUNASI, PENERIMA BARANG SILAHKAN KONFIRMASI KE PENYELENGGARA POS/PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN”

    ini maksudnya apa ya? cara konfirmasi gimana? apa saya harus ke kantor pos indonesia?

    1. Selamat pagi Kak..
      kakak dapat menghubungi kontak PJT/Penyelenggara pos yang menangani barang kiriman kakak. Terima kasih

  38. Hai kak, saya ingin bertanya, sayakan baru pertamakali membeli barang dari luar, dan apakah kita harus pick up barang sendiri ? tidak di antar sampai rumah? terima kasih

    1. Selamat Pagi Kak..
      Setiap Perusahaan Jasa Titipan(PJT) / Penyelenggara Pos memiliki kebijakan masing-masing terkait distribusi barang kiriman hingga ke penerima barang. Dimohon kakak dapat menghubungi pihak PJT/Penyelenggara Pos yang menangani barang kiriman kakak. Terima kasih
      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 atau sosial media kami (instagram, facebook, dan twitter) @beacukailampung

      1. Met malam kak, Sya ada paket dari luar negeri dan dari hasil tracking melalui web nya fihak ekspedisi posisi paket sya sudah sampai di Indonesia, tetapi sya tracking di web nya beacukai kok tidak ada ya?

        Trus beberapa hari lalu ada orang yg menghubungi saya perihal paket tsb yg intinya saya disuruh transfer sejumlah uang untuk biaya cukai dan kelengkapan doc. agar paket sya bisa dikeluarkan dari gudang beacukai atau kalau saya tidak transfer uang, maka paket akan dikembalikan ke negara asal…

        Mohon solusinya…

        1. Selamat Pagi Kak..
          Terhadap pelaporan barang kiriman ke Bea dan Cukai hingga pendistribusian ke penerima barang merupakan tanggung jawab dari pihak penyelenggara Pos/ PJT. Kakak dapat melakukan tracking secara mandiri melalui http://www.beacukai.go.id/barangkiriman untuk mengetahui status terakhir barang kiriman Kakak.
          Jika terbit tagihan setelah penetapan dari pejabat Bea dan Cukai dalam bentuk kode biling (bukan nomor rekening pribadi) untuk pelunasan pungutan negara. Terima kasih

  39. Siang saya mau menanyakan, saya kirim barang dari indo lewat li*n parc*l untuk dikirim ke singapura.
    Dan sudah dari tgl 8 feb sampai skarang knp masih di jakarta yah??
    Dimana saya bisa melihat status detail paket saya?
    Dan bagaimna alur pengiriman dr ekspedisi dikirim kemana kalau dari indonesia?
    Thanks

    1. Terhadap barang kiriman yang dikirim keluar negeri kakak dapat melihat melalui laman perusahaan jasa titipan /penyelenggara pos yang menangani barang kiriman kakak. Terima kasih

  40. HASIL PENCARIAN BARANG KIRIMAN
    Pemberitahu PT. POS INDONESIA (PERSERO)
    Penerima ACIL ILA
    Pengirim ALI
    See Details
    INFORMASI NOMOR BARANG
    No Barang/AWB/Resi LP192015562SG (FOB BC= USD 1)
    Tgl AWB 2021-02-17
    TAGIHAN BILLING
    KODE BILLING 620210200186985 | NTPN:0
    TOTAL BILLING Billing Konsol : 2,000
    412111 – Bea Masuk 0
    411123 – Pajak Penghasilan 0
    411212 – Pajak Pertambahan Nilai 2,000
    411222 – Pajak Penjualan Barang Mewah 0
    412123 – Bea Masuk Tindakan Pengamanan Sementara 0
    Total Tagihan 2,000
    HISTORY STATUS
    2021-02-17 15:31:43.0 408 BARANG KELUAR DARI GUDANG
    2021-02-17 14:07:20.0 401 PENETAPAN SPPBMCP (PEMBAYARAN DAN PERSETUJUAN KELUAR), PENERIMA BARANG SILAHKAN KONFIRMASI KE PENYELENGGARA POS/PJT
    2021-02-17 14:07:20.0 303 PENERBITAN KODE PENAGIHAN (BILLING)
    2021-02-17 14:07:01.0 205 PENELITIAN OLEH PEJABAT BEA CUKAI
    2021-02-17 14:00:58.0 102 BARANG TELAH MELALUI PEMINDAI (X-RAY)
    2021-02-17 13:59:25.0 203 SELESAI VALIDASI SISTEM BEA CUKAI
    2021-02-17 13:59:25.0 202 PROSES VALIDASI SISTEM BEA CUKAI
    2021-02-17 13:59:25.0 201 CEK DATA WAJIB SELESAI
    2021-02-17 13:59:25.0 100 DOKUMEN DITERIMA UNTUK DIPROSES BEA CUKAI

    1. Selamat Siang kak..
      Berdasarkan data pada laman http://www.beacukai.go.id bahwa status barang kiriman kakak pertanggal 25 Januari 2021 yaitu “SPPBMCP TELAH DILUNASI, PENERIMA BARANG SILAHKAN KONFIRMASI KE PENYELENGGARA POS/PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN”. Diharapkan kakak dapat menghubungi PT Pos Indonesia yang terdekat dengan domisili kakak untuk penyelesaian distribusi barang kiriman kakak. Terima kasih

  41. Maaf mau tanya,
    Barang kiriman saya dari luar sudah sampai di indonesia dan telah membayar pajak. Tapi barangnya masih ditahan karena ada barang yang dideteksi berharga didalamnya, sehingga saya diminta bayar 10.500.000 supaya saya bisa menerima barang tersebut. Apakah itu benar?
    Mohon tanggapan/pencerahannya ya.
    Terimkasih

    1. Selamat siang kak..
      Mohon sebutkan No. AWB (No. Resi) barang kiriman kakak agar kami dapat menjelaskan. terima kasih

  42. Selamat malam saya ingin menanyakan kenapa total billing saya sampai ratusan juta padahal saya baru kali pertama melakukan impor barang, no.resi: 0100142100828325

    1. Selamat sore kak..
      Berdasarkan data pada laman http://www.beacukai.go.id/barangkiriman bahwa status barang kiriman kakak dengan no AWB (No. Resi) 0100142100828325 pertanggal 15 Maret 2021 yaitu “SPPBMCP TELAH DILUNASI, PENERIMA BARANG SILAHKAN KONFIRMASI KE PENYELENGGARA POS/PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN” (telah dilunasi billing sebesar Rp104.000,-). Diharapkan kakak dapat menghubungi PJT ANDALAN EXPRESS INDONESIA terkait penyelesaian distribusi barang kiriman kakak. Terima kasih

        1. selamat siang Kak..
          Berdasarkan data pada laman http://www.beacukai.go.id/barangkiriman bahwa status barang kiriman kakak pertanggal 13 April 2021 yaitu “SPPBMCP BELUM DILUNASI LEWAT WAKTU”. Dimohon kakak dapat menghubungi PJT PT. PRIMA GLOBAL TRANS (No. Telp: 0899-6176-455) yang menangani barang kiriman kakak dan setiap penyelenggara pos/Perusahaan Jasa Titipan (PJT) memiliki kebijakan masing-masing (termasuk dalam pembayaran tagihan Bea Masuk, PPN, dan/atau PPh). Terima kasih

    1. Selamat siang Kak..
      Mohon sebutkan no AWB (NO. Resi) barang kiriman kakak agar kami dapat menjelaskan ke kakak. Terkait status barang kiriman Kakak “SPPBMCP BELUM DILUNASI LEWAT WAKTU”. Silahkan kakak konfirmasi PJT/penyelenggara pos yang menangani barang kiriman kakak karena setiap penyelenggara pos/Perusahaan Jasa Titipan (PJT) memiliki kebijakan masing-masing (termasuk dalam pembayaran tagihan Bea Masuk, PPN, dan/atau PPh). Terima kasih

  43. Pak mau tanya, SPPBMPCP BELUM DILUNASI LEWAT WAKTU. Untuk pengurusannya gimana ya. Saya belanja online via zalora. Mohon infonya. Makasih

    1. selamat siang Kak..
      Jika status barang kiriman kakak “SPPBMCP BELUM DILUNASI LEWAT WAKTU”. Dimohon kakak dapat menghubungi Perusahaan Jasa Titipan (PJT) atau penyelenggara pos yang menangani barang kiriman kakak dan setiap penyelenggara pos/PJT memiliki kebijakan masing-masing (termasuk dalam pembayaran tagihan Bea Masuk, PPN, dan/atau PPh). Terima kasih

  44. Dear admin, punya kontak PJT PT. CEPAT MAJU JAYA, atau ini nama ekspedisi nya apa ya. Saya search di google ga ketemu. Ini no awb saya 0111752100093493 saya cek di bea cukai sudah di lunasi. Terimakasih

    1. Selamat malam Kak..
      kakak dapat menghubungi PJT PT. CEPAT MAJU JAYA selaku pihak yang menangani barang kiriman kakak di 081382496999
      Terima kasih

    1. Selamat pagi kak..
      Untuk mengetahui status barang kiriman, kakak dapat melakukan tracking secara mandiri melalui laman http://www.beacukai.go.id/barangkiriman dengan memasukkan no. resi (No. AWB) barang kiriman kakak dan isi keycode.
      Berdasarkan laman tersebut dengan no. resi 602150002838341 tidak ditemukan dan pastikan no. resi tersebut untuk mengetahui status barang kiriman. Terima kasih

  45. Saya mendapatkan nota permintaan dokumen, saya beli barang di aliekpres

    No resi LP202073615SG
    Itu mksudnya gimna ya ?

    1. Selamat pagi Kak..
      BBerdasarkan data pada laman http://www.beacukai.go.id/barangkiriman bahwa status barang kiriman no resi (No. AWB) LP202073615SG pertanggal 17 Juni 2021 yaitu “PERMINTAAN DOKUMEN OLEH PEJABAT BEA CUKAI”. Dimohon kakak melengkapi dokumen yang diminta oleh pejabat Bea dan Cukai berupa izin dari Kementerian Kesehatan
      (Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 60 Tahun 2017 jo Kepmenkes Nomor HK.01.07/MENKES/234/2018) sebelum 20 hari kepada : SEKSI PELAYANAN KEPABEANAN DAN CUKAI V, melalui email : beacukai.poslalubea@gmail.com, telp 0274-882657 atau fax nomor : 0274 881385 atau Kantor Pos Lalu Bea Plemburan. Terima kasih

  46. Pk mau tanya setelah x Ray kan itu masuk ke thab selanjutnya l itu ada tulisan penerima disuruh konfirmasi ke pjt itu maksutnya gimana pak?

    1. Selamat siang Kak..
      Dimohon kakak menghubungi Penyelenggara Pos/Perusahaan Jasa Titipan(PJT) yang menangani barang kiriman kakak terkait penjelasan isi barang kiriman, bukti pembayaran hingga distribusi barang kiriman sampai ke alamat penerima. Terima kasih

  47. Permisi ka, mau tanya paket saya dengan nomer resi ID217895874610D itu dari tgl 17 Juni engga ada pergerakan?
    Itu untuk menindak lanjutinya gimana ya ka? Tolong saran dan bantuannya. Terimakasih

    1. selamat siang Kak..
      Berdasarkan data pada laman http://www.beacukai.go.id/barangkiriman bahwa status barang kiriman kakak pertanggal 17 Juli 2021 yaitu “PENETAPAN SPPBMCP (PEMBAYARAN DAN PERSETUJUAN KELUAR), PENERIMA BARANG SILAHKAN KONFIRMASI KE PENYELENGGARA POS/PJT”. Dimohon kakak dapat menghubungi PJT PT. PRIMA GLOBAL TRANS (No. Telp: 0899-6176-455) yang menangani barang kiriman kakak dan setiap penyelenggara pos/Perusahaan Jasa Titipan (PJT) memiliki kebijakan masing-masing (termasuk dalam pembayaran tagihan Bea Masuk, PPN, dan/atau PPh). Terima kasih

  48. Maaf pak
    Mau bertanya
    Seseorang yang saya mengabari saya bahwa dia telah mengirimkan barang kepada saya dari Inggris.
    Akan tetapi saya curiga karena itu berlangsung cuma dalam satu hari.
    Apakah itu mungkin? Dalam satu hari barang dari Inggris bisa sampai di Bali?
    Dan seseorang menghubungi saya dari Bali yang mengatakan barang saya sudah ada di Bali dan harus membayar 7 juta agar barang tersebut dapat dikirimkan.
    Mohon bantuannya
    Saya takut ini sebuah penipuan

    1. Selamat siang Kak..
      Sebagai informasi, petugas Bea Cukai tidak pernah menghubungi langsung penerima barang melalui nomor pribadi. Untuk pembayaran pungutan negara dilakukan dengan menggunakan kode billing bukan nomor rekening ya kak. Jadi kalo ada yang meminta pembayaran ke rekening pribadi patut dicurigai itu penipuan ya kak. Selain itu untuk mengetahui status barang kiriman kakak dapat melalui laman http://www.beacukai.go.id/barangkiriman dengan memasukkan no. resi (No. AWB) dan keycode kemudian submit. Kakak dapat melihat ciri-ciri penipuan di https://bclampung.beacukai.go.id/artikel/waspada-penipuan/
      Terima kasih
      Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor Layanan Informasi Bea Cukai Bandar Lampung 082183089999 atau sosial media kami (instagram, facebook, dan twitter) @beacukailampung

  49. Selamat sore, izin bertanya min, saya kan dapat kiriman dari teman saya di LA berupa laptop,hp, serta uang yg bernilai lebih dari 100jt , apakah biaya yg akan dikenakan nantinya bisa diambil dari uang yg dikirimkan tersebut?

    1. Selamat sore kak..
      Kakak dapat melihat jenis barang kiriman yang terkena larangan dan pembatasan melalui laman http://www.intr.insw.go.id menu Indonesia INTR – submenu lartas information. Untuk pembayaran tagihan bea masuk dan pajak dalam rangka impor dapat menghubungi perusahaan jasa titipan(PJT)/Penyelenggara pos yang menangani barang kiriman kakak karena setiap PJT memiliki kebijakan masing-masing. Terima kasih

  50. halo pak….
    nomer resi saya =APELAUS255014453

    status

    INFORMASI BARANG
    Kode HS Seri Lartas
    21069072 1 REF : SKI Border/ SAS – Peraturan Kepala BPOM No. 30 Tahun 2017
    Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) — The National Agency of Drug and Food Control – halobpom@pom.go.id – Telp : (021) 4244691/42883309/42883462 Fax: (021) 4263333
    Jl. Percetakan Negara No.23 – Jakarta 10560 Indonesia
    http://www.pom.go.id
    TAGIHAN BILLING
    KODE BILLING | NTPN:null
    TOTAL BILLING –
    412111 – Bea Masuk 37,000
    411123 – Pajak Penghasilan 0
    411212 – Pajak Pertambahan Nilai 53,000
    411222 – Pajak Penjualan Barang Mewah 0
    412123 – Bea Masuk Tindakan Pengamanan 0
    Total Tagihan 90,000
    HISTORY STATUS
    2021-08-19 14:16:34.0 306 BARANG TERKENA ATURAN LARANGAN/PEMBATASAN
    2021-08-19 14:11:37.0 205 PENELITIAN OLEH PEJABAT BEA CUKAI
    2021-08-16 14:53:49.0 102 BARANG TELAH MELALUI PEMINDAI (X-RAY)
    2021-08-16 07:20:34.0 203 SELESAI VALIDASI SISTEM BEA CUKAI
    2021-08-16 07:20:34.0 202 PROSES VALIDASI SISTEM BEA CUKAI
    2021-08-16 07:20:33.0 201 CEK DATA WAJIB SELESAI
    2021-08-16 07:20:33.0 100 DOKUMEN DITERIMA UNTUK DIPROSES BEA CUKAI

    PJT PT.CEPAT MAJU JAYA saya hubungin tidak bisa di nomer telp 081382496999 terus saya harus ngurus bagaimana pak biar paket saya bisa terkirim…..trimakasih

    1. Selamat Pagi kak..
      Berdasarkan data pada laman http://www.beacukai.go.id/barangkiriman bahwa status barang kiriman kakak pertanggal 19 Agustus 2021 yaitu “BARANG TERKENA ATURAN LARANGAN/PEMBATASAN”. Dimohon kakak dapat menghubungi PJT PT. CEPAT MAJU JAYA (telp 021-65306678, e-mail: cepatmajujaya@gmail.com) selaku perwakilan kakak dalam menangani barang kiriman kakak terkait barang kiriman yang terkena aturan larangan/pembatasan dan melengkapi dokumen berupa izin SKI Border/SAS dari BPOM (halobpom@pom.go.id – Telp : (021) 4244691/42883309/42883462 Fax: (021) 4263333, http://www.pom.go.id) sesuai Peraturan Kepala BPOM No. 30 Tahun 2017.
      Terima kasih

  51. Paket ID213202782887H stuck di PENETAPAN SPPBMCP (PEMBAYARAN DAN PERSETUJUAN KELUAR) MENUNGGU PEMINDAI (X-RAY) ATAU MANIFES itu gimana ya maksudnya??

    1. Berdasarkan data pada laman http://www.beacukai.go.id/barangkiriman bahwa status barang kiriman kakak pertanggal 07 September 2021 yaitu “PENETAPAN SPPBMCP (PEMBAYARAN DAN PERSETUJUAN KELUAR) MENUNGGU PEMINDAI (X-RAY) ATAU MANIFES”. Untuk pembayaran tagihan bea masuk dan pajak dalam rangka impor dapat menghubungi perusahaan jasa titipan(PJT) PT. DIRGANTARA POS INTIMODA (Telp : 021 – 2256 6060 / 082 – 1234 66 899 / 022-82005999, email : cs@diposin.co.id) yang menangani barang kiriman kakak karena setiap PJT memiliki kebijakan masing-masing. Fisik barang kiriman akan disiapkan oleh PJT PT. DIRGANTARA POS INTIMODA untuk dilakukan X-Ray. Terima kasih

    1. selamat sore Kak..
      Impor Barang kiriman diproses oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai setelah dilaporkan atau diberitahukan oleh Penyelenggara Pos/Perusahaan Jasa Titipan (PJT). Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *