Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241

Alur Barang Kiriman Luar Negeri

Proses pengiriman barang berawal dari transaksi antara penjual di luar negeri dengan pembeli di Indonesia secara online dan pembayaran secara virtual, lalu dilanjutkan dengan pengiriman barang baik melalui moda transportasi laut maupun udara. Setelah barang sampai ke Indonesia, barang kemudian dibawa ke gudang untuk dibongkar dan dilakukan pemeriksaan oleh petugas Bea dan Cukai. Jangan khawatir, pada saat melakukan pemeriksaan fisik barang kiriman petugas Bea dan Cukai didampingi oleh petugas pos atau pihak kurir / Perusahaan Jasa Titipan (PJT).

Setelah kewajiban pungutan telah dipenuhi oleh pihak kurir atau Perusahaan Jasa Titipan (PJT) atau langsung oleh penerima barang (jika menggunakan pos) selanjutnya barang akan dikirim ke alamat penerima atau diserahkan ke penerima.

Untuk mengetahui sampai di mana perjalanan barang kiriman kita, berikut langkah-langkahnya:

  1. Akses http://www.beacukai.go.id/barangkiriman,
  2. Masukkan nomor tracking/Consigment note/resi/AWB (airway bill),
  3. Masukkan keycode sesuai dengan yang tertera pada layar,
  4. Klik submit dan see details untuk melihat sampai di mana proses pengiriman barang,
  5. Pastikan bahwa barang kiriman sudah disiapkan dan dikirimkan datanya secara elektronik kepada Sistem Komputer Pelayanan Bea Cukai oleh pihak perusahaan jasa kiriman agar barang dapat dilacak,
  6. Jika ada tagihan tidak wajar dari pihak-pihak yang mengatasnamakan Bea Cukai, jangan langsung percaya sebelum melakukan tracking. Hati-hati penipuan selengkapnya »

Hasil pengecekan dari fitur tracking di laman Bea dan Cukai bisa bermacam-macam, namun yang secara garis besar ada tiga hasil yang mungkin diterima, yakni “Dokumen Diterima untuk Diproses Bea Cukai”, “Konfirmasi/Menunggu Kelengkapan Berkas”, dan “Barang Selesai/Keluar dari Gudang”.

4 Responses

  1. Dari hasil pencarian di internet barang setelah keluar dari gudang Bea cukai akan diantarkan oleh PJT kepada penerima. PJT yang dimaksud ini perusahaan jasa titipan apa & bagaimana cara track nya ?

    1. Berdasarkan PMK Nomor 199 tahun 2019, Perusahaan Jasa Titipan (PJT) merupakan Penyelenggara Pos yang memperoleh ijin usaha dari instansi terkait untuk melaksanakan layanan surat, dokumen, dan paket sesuai perundang undangan di bidang pos. PJT yang dimaksud contohnya seperti DHL, FedEx, TNT, JNE, TIKI.
      Untuk melakukan tracking terhadap barang kiriman impor dapat dilakukan melalui website beacukai.go.id/barangkiriman atau di masing-masing website resmi PJT.

  2. permisi kak. mau tanya . biasanya kalo barang berangkat keluar dari gudang brp lama wktu yg dibutuhkan? aku ada kiriman paket dari usps, barng kluar dari gudng tanggal 9, tapi smpe skrg mentok disitu2 aja ga ada informasi lebih lanjut. gimana itu ya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *