Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Aplikasi ExSIS untuk Kemudahan Pemenuhan Kewajiban Cukai

Bandar Lampung, 19 November 2019. Sesuai amanat Peraturan Menteri Keuangan nomor 94/PMK.04/2018 bahwa kewajiban melakukan pencatatan transaksi peredaran Barang Kena Cukai (BKC) diberlakukan untuk setiap pengusaha pabrik skala kecil, penyalur skala kecil yang wajib memiliki izin, dan pengusaha tempat penjualan eceran yang wajib memiliki izin. Dalam rangka meningkatkan pemahaman para pengusaha cukai akan implementasi PMK tersebut, Bea Cukai Bandar Lampung menyelenggarakan sosialisasi dengan mengundang para produsen dan pengusaha tempat penjualan eceran (TPE) MMEA di wilayah Lampung. Acara diselenggarakan di aula Kantor Bea Cukai Bandar Lampung dengan pemateri Rizal Adi Setiawan dan Ikhsan Darmawan selaku staf pada Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai yang merupakan unit teknis terkait cukai.

Selain sosialisasi terkait PMK 94 tahun 2018, pada kesempatan ini juga disampaikan materi terkait rencana implementasi aplikasi ExSIS online yang secara resmi akan berlaku efektif mulai 1 Januari 2020. Seluruh pengusaha di bidang cukai di wilayah kerja Bea Cukai Bandar Lampung diharapkan dapat segera menyesuaikan dengan penggunaan aplikasi ini, karena memang aplikasi ExSIS ini akan sangat memudahkan pengguna jasa dalam hal pelaporan peredaran Barang Kena Cukai khususnya MMEA. Aplikasi ExSIS akan terintegrasi secara nasional bukan hanya pada sistem DJBC melainkan akan terhubung juga dengan sistem DJP dan DJPB. Dengan menggunakan aplikasi ini pengguna jasa dapat kapan saja dan dimana saja melakukan pencatatan dan pelaporan cukup dengan menggunakan perangkat mereka yang terhubung ke jaringan internet.

Para tamu undangan sangat antusias mengikuti penyampaian materi sekaligus secara langsung diberikan asistensi untuk registrasi aplikasi ExSIS pada portal pengguna jasa DJBC. Rencana implementasi aplikasi ExSIS disambut sangat baik oleh para pengguna jasa, mereka berharap dengan penggunaan aplikasi tersebut akan memudahkan mereka dalam melaksanakan kewajibannya di bidang cukai. Harapan Bea Cukai Bandar Lampung juga dengan semakin mudahnya pemenuhan kewajiban oleh pengguna jasa akan semakin meningkatkan kesadaran dan kepatuhan para pengguna jasa yang tujuan akhirnya dapat menekan peredaran BKC ilegal di wilayah Lampung.

Gallery

11 10 9 8 7 6 5 4 3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *