Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Asistensi UMKM Berorientasi Ekspor di Provinsi Bandar Lampung

Bandar Lampung (07/09/2022) – Dalam rangka mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan berlandaskan semangat mewujudkan ekspor UMKM di Provinsi Lampung, Bea Cukai Bandar Lampung bersama Kantor Wilayah Bea Cukai Sumatera Bagian Barat dan KPP Pratama Bandar Lampung I menyelenggarakan kegiatan asistensi terhadap UMKM yang berada di Provinsi Lampung yang dilaksanakan di Aula Lantai 2 Kantor Bea Cukai Bandar Lampung pada tanggal 7 September 2022.

Acara ini merupakan rangkaian kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya oleh Bea Cukai Bandar Lampung dan Kantor Wilayah Bea Cukai Sumatera Bagian Barat sebagai bentuk asistensi kepada pengusaha UMKM di Provinsi Lampung. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kantor Bea Cukai Bandar Lampung, Esti Wiyandari dan Kepala Seksi Perizinan dan Fasilitas II Kantor Wilayah Bea Cukai Bandar Lampung, Dwi Harmawanto.

Narasumber pertama dari Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai V, Iwan Lesmana, menyampaikan bahwa ekspor melalui Bea Cukai Bandar Lampung prosesnya mudah dan tanpa biaya alias gratis sehingga para pelaku UMKM tidak perlu khawatir akan proses pengurusan dokumen ekspor di pelabuhan Panjang.

Narasumber kedua dari KPP Pratama Bandar Lampung I, menerangkan tentang kewajiban perpajakan bagi pelaku usaha UMKM bahwa pajak bagi UMKM tidak besar, hanya 0,5% dari omset apabila omset per tahun mencapai Rp 500.000.000.
Narasumber terakhir dari PT. Samudera Indonesia sebagai representasi dari shipping line di pelabuhan Panjang menjelaskan tentang proses bisnis pengiriman barang ekspor melalui pelabuhan Panjang dapat dengan mudah dilakukan apabila semua persyaratan dipenuhi oleh eksportir.

Berbagai pengusaha UMKM hadir dalam kegiatan asistensi tersebut mulai dari pengusaha makanan ringan, tanaman hias, hingga tanaman porang. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membuka peluang, wawasan, dan stimulus bagi pengusaha UMKM untuk mendorong terjadinya ekspor berkelanjutan dari Provinsi Lampung. UMKM naik kelas, ekonomi tancap gas. Demi Bea Cukai Makin Baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.