Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Bea Cukai Bersinergi dengan Pemkab Lampung Timur Dorong Kemajuan Pedagang dan Petani Tembakau

« dari 2 »

Bandar Lampung (05/08/2022) – Bea Cukai Lampung bersama Pemerintah Kabupaten Lampung Timur mengadakan kegiatan sosialisasi ketentuan di bidang cukai yang dilaksanakan pada tanggal 02 Agustus 2022 di Aula BPP Dinas Pertanian dan Pangan Kecamatan Pekalongan dan pada tanggal 04 Agustus 2022 di Aula BPP Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur. Peserta kegiatan kali ini adalah pedagang eceran rokok dan petani tembakau. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya mendorong optimalisasi penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT).

Kegiatan pertama di Kecamatan Pekalongan diawali dengan kata sambutan PLT. Sekertaris  Dinas Pertanian dan Pangan Lampung Timur, Halimahtussyakdiah yang dalam kata sambutannya, Halimahtussyakdiah berharap ilmu yang didapatkan dari sosialisasi ini dapat berguna untuk peserta untuk kemajuan Lampung Timur, khususnya dalam bidang pengelolaan serta pengembangan sarana, prasarana, kawasan dan komoditas perkebunan khususnya perkebunan tembakau.

Di tiap Kecamatan yang disambangi, disampaikan dua jenis materi kepada para peserta sosialisasi yang hadir. Materi pertama tentang budidaya tembakau yang dibawakan oleh Djadjang narasumber dari Dinas Pertanian  dan Pangan Kabupaten Lampung Timur. Selanjutnya, Hanif Dwi Kurniawan, Pelaksana Pemeriksa pada Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi selaku narasumber menyampaikan materi tentang ketentuan umum di bidang cukai, alokasi penggunaan DBH CHT, kampanye “Gempur Rokok Ilegal” serta demonstrasi tata cara identifikasi rokok ilegal. Kegiatan materi diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Sinergi antara unit vertikal Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dengan pemerintah daerah diharapkan dapat terus terjalin baik demi mewujudkan penggunaan DBH CHT yang tepat sasaran, pertanian dan industri hasil tembakau yang lebih maju, penurunan tingkat peredaran rokok ilegal, serta terwujudnya masyarakat yang sehat dan sejahtera. Demi Bea Cukai Makin baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.