Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Bea Cukai hadiri Sosialisasi untuk Optimalisasi Pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai di Provinsi Lampung

Bandar Lampung (13/04/2021) – Meningkatkan pemahaman mengenai Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT) di lingkungan Pemerintah Daerah, Bea Cukai Bandar Lampung bersama Kanwil Bea Cukai Sumatera Bagian Barat hadiri sosialisasi DBH CHT pada tanggal 12 April 2021 di Aula Dinas Perkebunan Provinsi Lampung. Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan pegawai Pemerintah Daerah dari seluruh Kabupaten dan Kota di Provinsi Lampung.

Sebagai Instansi dengan fungsi Revenue Collector, salah satu tugas Bea Cukai adalah mengumpulkan penerimaan melalui pemungutan cukai terhadap produk hasil tembakau berupa sigaret, tembakau iris, cerutu, liquid vape, dan sebagainya. Salah satu alokasi penggunaan cukai tersebut adalah berupa Dana Bagi Hasil yang dibagi ke tiap-tiap daerah secara adil dan merata, yang nantinya dapat dimanfaatkan masing-masing daerah di bidang kesehatan, kesejahteraan masyarakat, dan penegakan hukum. Dalam rangka mengoptimalisasi pemanfataannya, Bea Cukai berperan untuk menilai pemanfataan tersebut, khususnya di bidang penegakan hukum.

Poin-poin penilaian tersebut antara lain terkait koordinasi Pemda dengan DJBC, perkembangan pembentukan Kawasan Industri Hasil Tembakau di daerah terkait, sosialisasi cukai kepada masyarakat, pengumpulan informasi terkait Barang Kena Cukai (BKC) ilegal, serta kegiatan pemberantasan BKC ilegal di bawah koordinasi Bea Cukai. Melalui sosialisasi ini, diharapkan Bea Cukai dapat meningkatkan pemahaman Aparat Pemerintah Daerah mengenai DBH CHT, sehingga dapat lebih baik dalam mengoptimalkan pemanfaatan DBH CHT untuk kesejahteraan masyarakat di daerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *