Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Bea Cukai Lakukan Pengecekan Harga Transaksi Rokok di Wilayah Utara Lampung

Bandar Lampung (17/03/2021) – Rangkaian kegiatan pemantauan harga transaksi rokok dan sosialisasi barang kena cukai ilegal triwulan I tahun 2021 terus berlangsung. Kali ini Bea Cukai Lampung berkesempatan mengunjungi Kecamatan Kasui di Kabupaten Way Kanan dan Kecamatan Sungkai Barat di Kabupaten Lampung Utara. Kegiatan dilaksanakan pada 15-17 Maret 2021 dengan mengunjungi toko-toko dan warung-warung penjual eceran barang kena cukai terutama rokok di wilayah tersebut.

Pengecekan harga transaksi bertujuan untuk memastikan harga yang dibayar konsumen akhir rokok sesuai dengan peraturan yang ditetapkan pemerintah yaitu paling rendah 85% dari harga jual eceran yang tertera pada pita cukai. Pengecekan harga transaksi rokok merupakan wujud pelaksanaan tugas pengawasan yang dilakukan Bea Cukai terhadap barang dengan karakteristik khusus yang peredarannya perlu diawasi dan konsumsinya perlu dibatasi melalui instrumen cukai.

Pada kesempatan yang sama Bea Cukai Lampung juga memberikan edukasi dan penyuluhan kepada masyarakat terkait barang kena cukai ilegal. Masyarakat di Kecamatan Kasui dan Sungkai Barat dikenalkan dengan ciri-ciri rokok ilegal dan cara memeriksanya baik secara kasat mata maupun dengan menggunakan lampu sinar UV. Masyarakat juga diberikan pemahaman tentang bahaya peredaran rokok ilegal serta dampak negatifnya baik bagi masyarakat sebagai konsumen, bagi industri rokok legal dalam negeri, maupun bagi pemerintah dari sisi penerimaan negara. Peningkatan pengetahuan masyarakat tentang barang kena cukai ilegal diharapkan akan sejalan dengan penurunan tingkat peredaran barang kena cukai ilegal di wilayah Provinsi Lampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *