Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Bea Cukai Lampung Awasi Harga Eceran Liquid Vape Dan Rokok Elektrik Serta Survei MBDK

Bandar Lampung (09/06/2022) – Perdana, Bea Cukai Lampung laksanakan pemantauan Harga Transaksi Pasar (HTP) Rokok Elektrik (REL) dan Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HPTL). Selain itu, Bea Cukai Lampung juga melakukan survei terhadap Minuman Bergula dalam Kemasan (MBDK) untuk mengetahui market share MBDK berdasarkan gula yang dikandungnya. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kabupaten Lampung Barat dan Lampung Utara pada tanggal 06 s.d. 08 Juni 2022.

Kegiatan HTP REL dan HPTL menyasar pada vape store yang ada di daerah tersebut. Selain melakukan pemantauan HTP, petugas juga melakukan sosialisasi identifikasi pita cukai legal yang terlekat pada liquid vape mengandung nikotin. Petugas juga menghimbau agar penjual memastikan bahwa REL dan HPTL yang di jual sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Petugas melanjutkan kegiatan survei MBDK dengan menargetkan ritel modern, minimarkat, dan convenient store sebagai responden. Untuk mengetahui market share MBDK petugas mendata identitas responden dan data merk yang paling banyak dicari berdasarkan keterangan dari responden.

Pelaksanaan kegiatan HTP REL dan HPTL ini merupakan bentuk pengawasan Bea Cukai terhadap Barang Kena Cukai (BKC) agar Bea Cukai dapat melakukan tindakan lebih lanjut sesuai dengan ketentuan apabila terjadi indikasi pelanggaran dengan tujuan agar peredaran BKC selaras dengan apa yang tercantum pada perundang-undangan di bidang cukai.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.