Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Bea Cukai Lampung Dukung Program Devisa dari Desa

Bandar Lampung (03/03/2021) – Bea Cukai Lampung turut serta dalam kegiatan Bimbingan Teknis Registrasi Packing House dalam Rangka Ekspor Manggis yang diselenggarakan pada 2 Maret 2021 di Desa Tanjung Anom, Kecamatan Kota Agung Timur, Kabupaten Tanggamus. Kegiatan ini diinisasi oleh Balai Karantina Pertanian Kelas I Bandar Lampung yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tanggamus sebagai upaya nyata realisasi program “#DevisaDariDesa, Maju Mandiri Modern”. Kegiatan secara langsung dibuka oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Kabupaten Tanggamus, Catur Agus Dewantoro. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi sekaligus motivasi kepada para petani/pedagang manggis di Kabupaten Tanggamus untuk meningkatakan kualitas produk manggis melalui registrasi packing house agar dapat memenuhi standarisasi produk di negara buyers dan  bersaing di pasar ekspor.

Bea Cukai Lampung sebagai instansi pemerintah yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam menangani/mengawasi kegiatan ekspor di wilayah Provinsi Lampung mendapatkan kesempatan untuk memberikan pemaparan materi pada kesempatan tersebut. Materi disampaikan oleh Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Irin Sapto Widi Wibowo terkait gambaran umum tugas dan fungsi Bea Cukai Lampung dan dilanjutkan dengan materi tentang tata laksana ekspor oleh Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai, Budhi Irawan. Bea Cukai Lampung berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh dalam upaya mendorong ekspor di Provinsi Lampung dan bersedia memberikan asistensi kepada pada petani/pedagang manggis di Kabupaten Tanggamus selama proses eksportasi sampai berhasil. Komitmen tersebut juga sejalan dalam medukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di wilayah Provinsi Lampung yang sedang gencar dilakukan oleh Kantor Wilayah DJBC Sumatera Bagian Barat.

Lampung merupakan salah satu provinsi dengan wilayah pertanian yang luas dan mampu menghasilkan produk yang menjanjikan. Berbagai produk hasil pertanian seperti pisang, nanas, dan jambu telah berhasil bersaing di pasar dunia dan menjadi komoditi ekspor unggulan di Provinsi Lampung. Belajar dari keberhasilan tersebut, dengan semangat dari para petani/pedangan dan didukung komitmen yang kuat dari instansi pemerintah bukan tidak mungkin manggis akan mengikuti kesuksesan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *