Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Bea Cukai Lampung Lakukan Penguatan Monitoring dan Evaluasi MITA AEO Lewat Sosialisasi

Bandar Lampung (20/08/2021) – Bea Cukai Lampung bersama Direktorat Teknis Kepabeanan menyelenggarakan sosialisasi dan forum group discussion terkait monitoring dan evaluasi Mitra Utama (MITA) Kepabeanan dan Autohorized Economic Operator (AEO). Kegiatan diselenggarakan pada 19 Agustus 2021 secara tatap muka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dalam masa pandemi Covid-19 sesuai anjuran pemerintah. Kegiatan dikemas secara tertutup dengan peserta yang sangat terbatas dimana seluruh peserta terlebih dahulu mengikuti pemeriksaan Swab Antigen sebelum masuk ke ruangan tempat acara berlangsung. Rangkaian kegiatan sosialisasi dilaksanakan dalam dua sesi, sesi pertama diperuntukan bagi pengguna jasa yaitu perwakilan perusahaan dengan status MITA Kepabeanan dan AEO kemudian dilanjutkan dengan sesi kedua berupa internalisasi untuk seluruh pegawai di lingkungan Kantor Bea Cukai Lampung.

Berperan sebagai narasumber dalam sosialisasi tersebut yaitu Kepala Subdirektorat Program Prioritas dan AEO, Weko Loekitardjo dan Kepala Seksi Monitoring dan Evaluasi, Yuwono Sutiasmaji. MITA Kepabeanan dan AEO merupakan bentuk reward dan partnership yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang memiliki tingkat kepatuhan yang tinggi atas peraturan kepabeanan. Bentuk kemudahan yang diperoleh MITA Kepabeanan dan AEO diantaranya berupa kemudahan pengembalian kelebihan pembayaran pajak karena telah ditetapkan sebagai Pengusaha Pajak Beresiko Rendah oleh Direktorat Jenderal Pajak serta kemudahan perizinan berusaha karena telah ditetapkan sebagai Eksportir/Importir Bereputasi Baik oleh Kementerian Perdagangan. Manfaat lain yang diperoleh MITA Kepabeanan dan AEO yaitu berupa pemberian fasilitas pembayaran berkala serta memperoleh prioritas bimbingan dan layanan konsultasi dengan Pejabat Bea dan Cukai yang ditetapkan sebagai Client Coordinator dan Client Manager.

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk menguatkan monitoring dan evaluasi terhadap MITA Kepabeanan dan AEO baik bagi pegawai sebagai pemberi layanan maupun dari sudut pandang perusahaan sebagai penerima layanan. Adanya kemudahan dan manfaat yang diperoleh MITA Kepabeanan dan AEO tentunya tidak lepas dari adanya tanggung jawab dan komitmen yang melekat, selaras dengan prinsip Take and Give. Bea Cukai berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayanan terbaik kepada MITA Kepabeanan dan AEO dan disisi lain perusahaan harus berkomitmen mempertahakankan tingkat kepatuhan yang tinggi atas peraturan kepabeanan. Bea Cukai Makin Baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *