Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Bea Cukai Lampung Menggagalkan Peredaran 2 Juta Batang Rokok Ilegal dengan Berbagai Modus

 

Bandar Lampung (06/08/2021) – Dalam rangka Operasi Gempur rokok ilegal tahun 2021 Bea Cukai Bandar Lampung berhasil melakukan penindakan di berbagai daerah Provinsi Lampung dengan berbagai modus sebanyak 2.210.200 juta batang rokok ilegal pada periode bulan Agustus 2021. Atas seluruh penindakan tersebut, Bea Cukai Lampung berhasil mengamankan potensi kerugian negara yang diperkirakan bernilai Rp 1.481.063.694.

Penindakan tersebut tak lepas dari Sinergi Bea Cukai Lampung dengan Kanwil DJBC Sumatera Bagian Barat berhasil mengamankan satu unit truk yang mengangkut 1,6 juta batang rokok ilegal di Lampung Selatan. Potensi kerugian negara yang berhasil diamankan dari penindakan ini diperkirakan sebesar Rp 1.103.078.592. Selain itu, sinergi Bea Cukai Lampung dengan Polresta Bandar Lampung juga membuahkan hasil yang baik. Polresta Bandar Lampung melakukan penyerahan rokok ilegal sebanyak 52.400 batang rokok ilegal di halaman kantor Polresta Bandar Lampung. Atas penindakan tersebut, total kerugian negara yang berhasil diselamatkan adalah sebesar Rp 33.589.710.

Esti Wiyandari, Kepala Kantor Bea Cukai Lampung, mengatakan “Pemberantasan rokok ilegal ini tak hanya terfokus pada kegiatan penindakan saja namun, kami juga telah melakukan upaya preventif dengan mensosialisasikan ciri-ciri rokok ilegal kepada masyarakat terutama pedagang eceran yang ada di berbagi kota dan kabupaten di provinsi Lampung”. Selain itu ia juga mengharapkan peran aktif masyarakat dalam memberantas rokok ilegal. Apabila mendapati rokok dengan ciri-ciri rokok ilegal, masyarakat dapat melaporkannya ke kantor Bea Cukai atau menghubungi Bea Cukai Lampung melalui whatsapp 0821 8308 9999 untuk dilakukan penelusuran lebih lanjut.

Dengan dilaksankannya kegiatan ini diharapkan dapat memutus peredaran rokok ilegal di provinsi Lampung yang merupakan salah satu pintu gerbang peredaran logistik di pulau Sumatera. Selain itu, penindakan ini juga merupakan bukti keseriusan Bea Cukai Lampung untuk mengamankan penerimaan negara serta menciptakan persaingan yang sehat dan keadilan bagi para pelaku usaha yang taat pada ketentuan undang-undang terutama dibidang usaha barang kena cukai (BKC).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *