Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Bea Cukai Lampung Musnahkan 29,6 Juta Batang Rokok Ilegal, Miras dan Barang Hasil Penindakan Lainnya

Bandar Lampung (28/09/2021) – Bea Cukai Lampung melaksanakan kegiatan pemusnahan Barang Milik Negara hasil penindakan senilai 32,4 Miliar Rupiah pada 28 September 2021. Bertempat di halaman Container Freight Station (CFS) Pelabuhan Panjang, kegiatan dilaksanakan di ruang terbuka dengan jumlah undangan terbatas sehingga tetap mematuhi protokol kesehatan dalam masa pandemi Covid-19 sesuai anjuran pemerintah. Adapun Barang Milik Negara yang dimusnahkan yaitu berupa 29,6 juta batang rokok ilegal, 1.233 botol minuman keras ilegal, 1.000 botol parfum, 164 buah laptop bekas, 6.007 karton kosmetik, 610 botol obat-obatan, serta ratusan paket kiriman pos lain yang tidak diselesaikan kewajiban kepabeannya. Turut hadir dalam acara tersebut Gubernur Lampung dan jajaran Porkopimda Provinsi Lampung, Kepala Kantor Wilayah DJBC Sumatera Bagian Barat, Kepala Kantor Wilayah DJKN Lampung dan Bengkulu, serta instansi-instansi lain terkait yang tentunya tidak lepas peranannya dalam keberhasilan upaya penindakan Bea Cukai Lampung.

Kepala Kantor Bea Cukai Lampung, Esti Wiyandari dalam sambutannya menyampaikan bahwa Bea Cukai sebagai unit instansi vertikal di bawah Kementerian Keuangan memiliki tugas sebagai pengumpul penerimaan negara (Revenue Collector) dan juga berperan memberikan perlindungan kepada masyarakat dari peredaran barang-barang ilegal (Community Protector). Secara khusus Bea Cukai Lampung memiliki peranan penting dalam mengawasi peredaran barang-barang ilegal yang masuk ke wilayah Provinsi Lampung baik yang melalui pelabuhan laut, darat, maupun melalui barang kiriman pos. Selaras dengan upaya pengawasan yang semakin giat dilakuan diharapkan tingkat peredaran barang-barang ilegal di Provinsi Lampung dapat ditekan dan disisi lain menambah kontribusi terhadap penerimaan negara.

Keberhasilan upaya penindakan yang dilakukan Bea Cukai Lampung merupakan hasil sinergi dan kerjasama yang baik antar instansi di Provinsi Lampung serta tidak lepas dari dukungan penuh seluruh masyarakat. Menjaga dan membangun Provinsi Lampung merupakan tanggung jawab bersama, tugas bersama, komitmen bersama. Sinergi dan kerjasama yang sudah terjalin baik diharapkan tidak hanya berhenti sampai disini, namun dapat menjadi sebuah budaya yang berkelanjutan demi mewujudkan masyarakat lampung yang semakin sejahtera dan Bea Cukai Makin Baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *