Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Bea Cukai Lampung Pantau Kestabilan Harga Rokok Hingga Pesisir Selatan


Bandar Lampung (09/09/2020) – Luas wilayah pengawasan di bawah KPPBC TMP B Bandar Lampung meliputi seluruh kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Lampung. Dengan wilayah yang begitu luas, Bea Cukai Lampung tak pernah bosan melakukan kegiatan pemantauan perkembangan Harga Transaksi Pasar produk hasil tembakau. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin triwulanan yang dilakukan Bea Cukai Lampung untuk memantau perkembangan harga jual eceran sekaligus ajang sosialisasi gempur rokok ilegal kepada para pedagang di wilayah Provinsi Lampung.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 7 s.d. 8 September 2020. Tim kedua yang bertugas kali ini berkesempatan mengunjungi beberapa tempat mulai dari wilayah kota hingga pesisir selatan. Wilayah yang pertama dikunjungi yaitu Kabupaten Lampung Selatan (Ketapang), kemudian berlanjut ke Kota Metro (Metro Timur) dan Kota Bandar Lampung (Tanjung Senang). Pemantauan tersebut merupakan kegiatan survei untuk membandingkan Harga Transaksi Pasar (harga jual) dengan Harga Jual Eceran yang tercantum dalam pita cukai rokok. Tujuannya adalah untuk memastikan Harga Transaksi Pasar tidak melampaui batasan Harga Jual Eceran yang tercantum dalam pita cukai rokok.

Kegiatan ini dilakukan dengan cara mendata harga produk rokok yang berada pada etalase toko, baik toko modern maupun toko tradisional. Kemudian hasil dari pelaksanaan pemantauan tersebut akan disampaikan kepada Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sebagai acuan dalam menganalisis kestabilan harga jual rokok di pasar. Di samping itu, Bea Cukai Lampung juga melakukan sosialisasi terkait rokok ilegal, mengenali ciri-ciri rokok ilegal dan cara identifikasi pita cukai baik secara kasat mata maupun menggunakan alat berupa sinar UV. Tak lupa, toko yang telah selesai dipantau akan ditempel stiker “Gempur Rokok Ilegal” di bagian depan toko agar terlihat oleh masyarakat.

Diharapkan melalui kegiatan ini, masyarakat menjadi tahu terkait bahaya dan larangan rokok ilegal yang tidak hanya merugikan diri sendiri, tapi juga menyebabkan kerugian perekoniam negara. Masyarakat juga lebih mengenal dan mengetahui bentuk dan jenis pita cukai serta peran Bea Cukai dalam memberantas rokok ilegal sehingga kedepannya tidak ada lagi masyarakat yang menjual rokok ilegal dan angka peredarannya semakin menurun. Bea Cukai Makin Baik!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *