Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Bea Cukai Lampung Sapa Warga Pringsewu Lewat Radio

Bandar Lampung (24/11/2021) – Memberikan edukasi terkait kepabeanan dan cukai ke khalayak yang lebih luas, pegawai Bea Cukai Lampung hadir sebagai bintang tamu pada acara talkshow di saluran radio Rapemda Pringsewu 107,2 FM. Narasumber pada talkshow kali ini adalah dua pejabat fungsional dari seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Lampung, yaitu Yayat Ruhiyat dan Jun Sui Siahaan. Acara talkshow diadakan pada tanggal 23 November 2021 yang berlangsung selama satu jam siaran. Talkshow kali ini mengambil topik utama Gempur Rokok Ilegal dan Penipuan Mengatasnamakan Bea Cukai.

 

Dalam pemaparannya, Jun menjelaskan bahwa “Gempur Rokok Ilegal” merupakan kampanye yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dalam rangka pemberantasan peredaran rokok ilegal yang dilakukan secara gencar dan masif. Sepanjang tahun 2021 per bulan Oktober, Bea Cukai Lampung berhasil menindak rokok ilegal sebanyak 11,07 juta batang yang sekaligus mengamankan kerugian negara senilai 7,33 miliar rupiah. Pendengar yang antusias pun mengajukan beberapa pertanyaan, diantaranya dari Regi Yonata yang menanyakan terkait bagaimana peran masyarakat dalam memberantas rokok ilegal.

Yayat menjawab, masyarakat dapat membantu memberantas rokok ilegal dengan tidak membeli dan mengonsumsi rokok ilegal, dan dapat dengan aktif memberikan informasi keberadaan rokok ilegal kepada Bea Cukai Lampung. Pada topik selanjutnya, dibahas mengenai penipuan mengatasnamakan Bea Cukai yang sedang marak terjadi. Penipuan biasa dilakukan melalui media sosial dengan berbagai modus. Modusnya antara lain kiriman dari luar negeri, jual beli online harga murah, lelang palsu, jual barang sitaan, kiriman diplomatik, jasa penyelesaian kasus, dan sebagainya.

Untuk menghadapi modus tersebut, masyarakat diharapkan untuk tidak panik, melakukan crosscheck terlebih dahulu mengenai kebenaran informasi yang disampaikan oleh oknum tersebut, dan tidak buru-buru mengirimkan sejumlah uang. Sebagai highlight, disampaikan mengenai pembayaran Bea Masuk dan Pajak Impor yang pasti menggunakan kode billing pembayaran ke kas negara, bukan melalui transfer ke rekening pribadi. Dari pelaksanaan talkshow ini, diharapkan masyarakat dapat menghindari konsumsi rokok ilegal, juga lebih waspada apabila menghadapi modus penipuan mengatasnamakan bea cukai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.