Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Bea Cukai Lampung Sosialisasikan Ketentuan Cukai kepada Kalangan Instansi Pemerintahan hingga Petani di Mesuji

Bandar Lampung (08/12/2022) – Hadiri undangan Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji sebagai narasumber, perwakilan pegawai dari Bea Cukai Lampung lakukan sosialisasi mengenai cukai dalam acara bertajuk ”Sosialisasi Ketentuan di Bidang Cukai Tahun 2022”. Acara dilaksanakan pada hari Kamis, 8 Desember 2022, bertempat di Gedung Pertemuan BP3K Tanjung Raya, Mesuji. Dalam acara ini, hadir perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Mesuji (Dinas Pertanian dan Dinas Kesehatan), Satpol PP Mesuji, Petani hingga Pedagang Eceran yang menjual rokok di wilayah Mesuji.

Acara dibuka oleh Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji, Agus Riyanto. Dalam sambutannya, Agus menyampaikan potensi pengembangan komoditi tembakau di wilayah Mesuji, dan berharap penjelasan yang rinci mengenai ketentuan cukai agar dapat mengedukasi para pelaku usaha di wilayah Mesuji yang hadir dalam acara sosialisasi. Kemudian, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Bea Cukai yang pada kesempatan ini disampaikan oleh Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Lampung, Herianto. Herianto menyampaikan mengenai definisi cukai, serta aturan terkait cukai yang melekat pada pelaku usaha di bidang cukai, hingga ke gambaran mengenai pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau yang diterima oleh Kabupaten Mesuji.

Kemudian, pemaparan dilanjutkan oleh Pelaksana Pemeriksa seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Lampung, Mulyanto. Dalam materinya, Mulyanto berfokus pada kampanye gempur rokok ilegal. Dijelaskan secara rinci mengenai jenis dan ciri-ciri rokok ilegal, sampai ke tahap megidentifikasi produk rokok secara riil di lapangan. Mulyanto mengajak warga Mesuji untuk turut aktif membentu pemberantasan rokok ilegal, khususnya di wilayah Mesuji, dengan membantu melaporkan peredaran rokok ilegal tersebut ke Bea Cukai Lampung. Dengan adanya pelaksanaan sosialisasi kali ini, diharapkan peserta sosialisasi dapat lebih memahami tentang ketentuan cukai, sehingga dapat membuka wawasan mengenai potensi pengembangan komoditi barang kena cukai di wilayah Mesuji, juga dapat menjalankan kegiatan di bidang cukai dengan tepat dan sesuai aturan yang berlaku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.