Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Bea Cukai Lampung Sosialisasikan Ketentuan Cukai kepada Masyarakat Kota Bandar Lampung

Bandar Lampung (30/11/2022) – Dalam rangka memberikan edukasi terkait ketentuan cukai, Bea Cukai Lampung hadir sebagai narasumber dalam acara yang diadakan oleh Pemerintah Kota Bandar Lampung, dalam acara yang bertajuk ”Sosialisasi Peraturan di Bidang Cukai dalam rangka Pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau.” Acara diadakan pada tanggal 30 November 2022, bertempat di Aula Semergou Kantor Pemerintahan Kota Bandar Lampung. Sosialisasi dihadiri oleh perwakilan instansi pemerintahan dan pelaku usaha di bidang cukai yang beroperasi di wilayah Bandar Lampung.

Acara dibuka oleh Asisten Bidang Administasi, Yanwardi, yang menyampaikan sambutan mewakili Walikota Bandar Lampung. Acara dilanjutkan dengan pemaparan dari Bea Cukai Lampung yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan, Manna Subastian. Manna menyampaikan materi mengenai definisi cukai, jenis-jenis barang kena cukai, identifikasi pita cukai asli/palsu, perizinan cukai, pengawasan cukai, sampai ke pengelolaan dana bagi hasil cukai hasil tembakau di masing-masing wilayah, dalam hal ini di kota Bandar Lampung.

 

Selain Bea Cukai, hadir juga pembicara dari Kejaksaan Negeri Bandar Lampung, yang diwakili oleh Kepala Seksi Intelijen, Rio Irawan P Halim. Rio menyampaikan hal terkait dengan dukungan hukum serta legalitas yang dapat diberikan oleh Kejaksaan Negeri kepada Bea Cukai Bandar Lampung dalam rangka penegakan hukum di bidang kepabeanan dan Cukai. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan dapat terwujud suatu kesamaan persepsi antara Bea Cukai, Instansi Pemerintahan Kota Bandar Lampung, serta Pelaku Usaha di bidang cukai terkait dengan definisi cukai serta ketentuan-ketentuan yang mengatur pelayanan dan pengawasan di bidang cukai, agar tercipta tertib hukum dan administrasi yang dapat menciptakan iklim birokrasi di bidang cukai yang efektif dan efisien.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.