Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Bea Cukai Lampung Terus Gencar Memantau Harga Transaksi Pasar

Bandar Lampung (13/03/2020) – Bea Cukai Lampung terus bergerak untuk mendatangi Tempat Penjualan Eceran (TPE) yang menjual barang berupa Hasil Tembakau di daerah Terbanggi Besar (Lampung Tengah) dan Abung Barat (Lampung Utara). Bagi masyarakat yang belum tau pasti bertanya-tanya, memangnya ada apa sih Bea Cukai kok mendatangi toko-toko atau Tempat Penjualan Eceran (TPE) ?. Tidak mungkin Bea Cukai hanya datang-datang saja tanpa suatu tujuan.

Image may contain: 5 people

Pada kali ini selama dua hari berturut-turut, tanggal 12 sampai dengan 13 Maret 2020, Bea Cukai Lampung melakukan kegiatan Pemantauan Harga Transaksi Pasar (HTP) produk Hasil Tembakau berupa Rokok. Selain itu juga, dengan dikeluarkannya desain pita cukai baru 2020, maka perlu adanya sosialisasi kepada masyarakat khususnya bagi Penjual Barang Kena Cukai berupa Hasil Tembakau.

Image may contain: 1 person

Pengecekan Harga Transaksi Pasar (HTP) ini dilakukan untuk membandingkan seberapa besar harga pada tingkat konsumen akhir dengan Harga Jual Eceran (HJE) yang tercantum pad pita cukainya. Hal ini untuk memastikan bahwa HTP tidak melampui batasan HJE per batang atau gram di atasnya atau kurang dari 85% dari HJE yang tercantum dalam pita cukai.

Image may contain: 2 people, people standing and text

Di tahun 2020 ini, sesuai dengan keputusan Menteri Keuangan yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 152 tahun 2019 tentang perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan nomor 156 tahun 2018 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau, tarif cukai rokok rata-rata naik sebesar 23%. Dengan naiknya tarif cukai rokok ini tidak menutup kemungkinan bahwa beredarnya rokok-rokok ilegal diduga akan terus meningkat. Maka dari itu selain dilakukannya pengecekan Harga Transaksi Pasar (HTP) juga diperlukan sosialisasi kepada masyarakat khususnya bagi Penjual Barang Kena Cukai berupa Hasil Tembakau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *