Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Bea Cukai Lampung Wujudkan Kemenkeu Giat, Rakyat Sehat, Ekonomi Kuat

Bandar Lampung (24/02/2021). Bea Cukai Lampung kembali menyelenggarakan Focus Group Discussion untuk periode triwulan pertama tahun 2021. Kegiatan dilaksanakan pada 22 Februari 2021 melalui video conference dan diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan Kantor Bea Cukai Lampung. Kegiatan ini bertujuan untuk menyelaraskan pemahaman/persepsi pegawai terhadap arahan/kebijakan pimpinan  serta meningkatkan keterlibatan dan memotivasi pegawai dalam rangka pencapaian tujuan organisasi.

Acara dibuka oleh Kepala Kantor Bea Cukai Lampung, Esti Wiyandari sekaligus memaparkan materi tentang postur APBN 2021 dalam rangka pemulihan pandemi Covid-19 serta program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Pandemi covid-19 adalah kejadian yang unprecendented dan extraordinary crisis yang berdampak besar di semua sektor. Terdapat penyesuaian APBN di tahun 2020 dimana pemerintah melebarkan defisit hingga 6,34% dari PDB sebagai langkah menghadapi extraordinary crisis ini. Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dianggarkan sebesar 695,2 triliun rupiah oleh pemerintah untuk mempercepat penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi.

APBN 2021 masih akan berfokus pada penanganan kesehatan dari dampak pandemi Covid-19 terhadap masyarakat dan dunia usaha. Kebijakan strategis APBN 2021 mendukung akselerasi pemulihan dan transformasi ekonomi menuju Indonesia Maju. Beberapa sektor yang mendapat muatan pada APBN 2021 yaitu sektor ketahanan pangan, sektor pendidikan, sektor perlindungan sosial, sektor pariwisata, sektor kesehatan, sektor infrastruktur, dan sektor TIK.

Bea Cukai Lampung sebagai bagian dari pemerintah tentunya turut berperan aktif dalam mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui pelaksanaan tugas dan fungsinya. Tahun 2021 Bea Cukai Lampung akan melanjutkan program pemberdayaan dan mendorong industri lokal di Provinsi Lampung untuk bersaing di pasar ekspor terutama untuk produk hasil pertanian dan perikanan. Provinsi Lampung memiliki lahan pertanian yang luas dan wilayah perairan yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan dan menghasilkan komoditi unggulan. Bea Cukai Lampung juga akan meningkatkan sinergi dengan pemerintah daerah dalam upaya pembinaan pelaku usaha hasil tembakau serta menggiatkan kampanye pemberantasan rokok ilegal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *