Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Bea Cukai Pantau Harga Transaksi Pasar Liquid Vape di Bandar Lampung

Bandar Lampung (15/06/2022) – Mengakhiri rangkaian pemantauan Harga Transaksi Pasar (HTP) Rokok Elektrik (REL) dan Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HPTL) pada triwulan II tahun 2022, Bea Cukai Lampung datangi penjual eceran yang menjual REL dan HPTL di wilayah Kota Bandar Lampung. Kegiatan pemantauan dilaksanakan pada tanggal 14 sampai dengan 15 Juni 2022.

Dikarenakan semakin maraknya penggunaan rokok elektrik di berbagai daerah, perlu dilaksanakan pemantauan terhadap perbandingan harga transaksi pasarnya dengan kesesuaian harga jual ecerannya. Produk REL dan HPTL turut dikenakan tarif cukai karena mengandung nikotin yang berasal dari ekstrak dan esens tembakau, yang berdasar pada Peraturan Menteri Keuangan nomor 193/PMK.010/2021. Maka dari itu, dirasa perlu oleh Bea Cukai Lampung untuk mengadakan pemantauan HTP sekaligus melakukan sosialisasi mengenai cara mengidentifikasi legalitas sebuah produk HPTL berdasarkan pelekatan pita cukainya.

Sama halnya seperti rokok, produk REL dan HPTL wajib dilekati pita cukai sebelum dapat dijual secara eceran. Terdapat pula potensi yang sama terkait kemungkinan beredarnya produk REL dan HPTL ilegal di pasaran. Maka dari itu, pembeli dan khususnya penjual harus memahami terkait perbedaan produk yang legal dan ilegal, karena penjualan produk REL dan HPTL ilegal merupakan tindakan pelanggaran hukum yang dapat dikenakan hukuman pidana. Dengan dilaksanakan pemantauan dan sosialisasi kali ini, diharapkan dapat terwujud pengenaan cukai yang berorientasi kepada kestabilan ekonomi dan harga transaksi di masyarakat, serta mewujudkan semangat penjual dan pembeli untuk menggempur produk REL dan HPTL ilegal di pasaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.