Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Bea Cukai Pantau Harga Transaksi Pasar Produk Rokok ke Wilayah Utara Lampung

Bandar Lampung (03/12/2021) – Jaga kestabilan harga, Bea Cukai Bandar Lampung adakan pemantauan Harga Transaksi Pasar (HTP) Produk Hasil Tembakau ke dua daerah di wilayah utara Lampung. Wilayah tersebut antara lain di Kecamatan Baradatu, Way Kanan dan Kecamatan Blambangan Pagar, Lampung Utara. Pemantauan HTP dilaksanakan secara langsung ke warung-warung milik pedagang eceran di wilayah tersebut pada tanggal 1-3 Desember 2021.

Pemantauan HTP adalah kegiatan membandingkan harga transaksi pasar (harga pada tingkat konsumen akhir) dengan Harga Jual Eceran (HJE) yang tercantum pada pita cukai hasil tembakau. Tujuan dari pelaksanaan pemantauan ini adalah untuk memastikan bahwa harga transaksi pasar tidak melampaui batasan harga jual eceran per batang atau gram di atasnya atau kurang dari 85% dari harga jual eceran yang tercantum dalam pita cukai hasil tembakau.

Sambil menyelam minum air, Petugas Bea Cukai juga melakukan sosialisasi terkait rokok ilegal kepada pedagang, guna memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang bahaya rokok ilegal baik dari segi kesehatan maupun perekonomian. Dilakukan pula penempelan poster kampanye gempur rokok ilegal agar semangat memberantas rokok ilegal semakin familiar untuk diketahui seluruh lapisan masyarakat. Dari kegiatan ini, diharapkan dapat menjaga kestabilan harga rokok di pasaran sekaligus meningkatkan kewaspadaan dari pedagang dan konsumen agar tidak menjual dan mengonsumsi rokok ilegal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.