Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Bea Cukai Susuri Wilayah Barat Lampung untuk Pantau Harga Rokok

Bandar Lampung (10/03/2021) – Meneruskan rangkaian pemantauan harga rokok di Provinsi Lampung, Bea Cukai Lampung kunjungi Kecamatan Gedung Surian, Kabupaten Lampung Barat dan Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Tanggamus. Kegiatan dilaksanakan dari tanggal 8-10 Maret 2021. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memantau kesesuaian antara harga jual eceran (HJE) produk hasil tembakau yang ditetapkan bea cukai dengan kondisi riil harga transaksi di pasar. Dalam kegiatan ini, dilaksanakan pula sosialisasi mengenai rokok ilegal kepada pedagang.

Meskipun memiliki wilayah pengawasan yang luas, sudah menjadi kewajiban Bea Cukai Lampung untuk menjangkau setiap tempat di provinsi Lampung. Kegiatan pemantauan dilakukan secara merata dan bergiliran di tiap-tiap titik di provinsi Lampung. Pada kegiatan ini, petugas melakukan pendataan produk hasil tembakau yang dijual pada etalase toko, untuk mengetahui perbandingan harga jual rokok pada toko dengan HJE yang telah ditetapkan. Pemantauan tersebut dilakukan untuk mendapatkan data mengenai harga jual pasaran rokok di triwulan 1 tahun 2021 ini untuk disampaikan ke kantor pusat DJBC guna dilakukan analisis kebijakan lebih lanjut.

Pada kegiatan ini, Petugas Bea Cukai juga melakukan sosialisasi mengenai peraturan barang kena cukai, khususnya mengenai rokok ilegal. Sosialisasi dilakukan dengan menjelaskan tentang jenis-jenis dan ciri-ciri rokok ilegal, serta cara mengidentifikasinya. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi salah satu instrumen untuk menjaga kestabilan harga pasar rokok, juga dapat menjadi salah satu langkah preventif untuk menekan jumlah peredaran rokok ilegal, lewat peningkatan pemahaman masyarakat terkait bahaya rokok ilegal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *