Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Berantas Peredaran Rokok Ilegal Sampai ke Lampung Timur

Bandar Lampung, 21 November 2019. Berdasarkan PMK Nomor 222/PMK.07/2017, Dana Bagi Hasil yang selanjutnya disingkat DBH adalah dana yang dialokasikan dalam APBN kepada daerah dengan presentase tertentu untuk mendanai kebutuhan daerah. Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT) adalah bagian dari transfer ke daerah yang dibagikan kepada provinsi penghasil cukai dan/atau provinsi penghasil tembakau. Penggunaan DBH CHT salah satunya yaitu untuk mendanai kegiatan sosialisasi ketentuan di bidang cukai.

Pada 18 – 20 November 2019, Bea Cukai Bandar Lampung kembali melakukan sosialisasi terkait pemberantasan rokok ilegal sekaligus koordinasi dengan pemerintah daerah penerima DBH CHT. Kali ini Bea Cukai Bandar Lampung berkunjung ke bagian timur Provinsi Lampung, yaitu Kabupaten Lampung Timur. Bea Cukai Bandar Lampung bertemu dengan perwakilan dari Biro Perekonomian untuk melakukan koordinasi dan kemudian dilanjutkan dengan melakukan sosialisasi ke warung-warung penjual rokok eceran di beberapa kecamatan di Kabupaten Lampung Timur.

Sosialisasi dilakukan dengan mengenalkan bagaimana kriteria rokok ilegal dan juga demo identifikasi pita cukai asli dan pita cukai palsu dengan menggunakan alat sinar UV. Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, dapat menambah wawasan para penjual rokok eceran mengenai bagaimana rokok ilegal itu serta kerugian yang ditimbulkan dapat berdampak bagi masyarakat dan juga negara. Koordinasi dengan pemerintah daerah diharapkan dapat meningkatkan sinergi antara Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dengan pemerintah daerah sebagai penerima DBH CHT dalam upaya memberantas peredaran rokok ilegal.

 

Gallery

Created with RNI Films app. Preset 'Kodachrome 50's' Created with RNI Films app. Preset 'Kodachrome 50's' Created with RNI Films app. Preset 'Kodachrome 50's' Created with RNI Films app. Preset 'Kodachrome 50's' Created with RNI Films app. Preset 'Kodachrome 50's' Created with RNI Films app. Preset 'Kodachrome 50's' Created with RNI Films app. Preset 'Kodachrome 50's' Created with RNI Films app. Preset 'Kodachrome 50's'

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *