Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Bersama Pemda Pringsewu Lawan Peredaran Rokok Ilegal

Bandar Lampung, 27 Agustus 2020. Rokok ilegal adalah musuh kita bersama. Keberadaanya hanya menguntungkan segelintir pihak tidak bertanggung jawab namun menimbulkan dampak negatif bagi pemerintah, bagi produsen produk legal serupa, dan bagi masyarakat secara luas. Bea Cukai Bandar Lampung terus menerus mengajak masyarakat di Provinsi Lampung untuk bersama-bersama melawan peredaran rokok ilegal, salah satu caranya yaitu melalui edukasi. Kali ini Bea Cukai Bandar Lampung berkesempatan mengunjungi Kabupaten Pringsewu untuk memberikan penyuluhan dan pemahaman kepada masyarakat khususnya para pedagang eceran akan bahaya peredaran rokok ilegal dan bagaimana mengenali ciri-cirinya.

Tidak hanya mengadakan sosialisasi, Bea Cukai Bandar Lampung juga melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu sebagai tindak lanjut sosialisasi terkait pemanfaatan DBH CHT yang sudah diselenggarakan sebelumnya. Esti Wiyandari selaku Kepala Kantor Bea Cukai Bandar Lampung turun langsung ke lapangan untuk memastikan sinergi kedua pihak berjalan baik dan program-program pemanfaatan DBH CHT yang direncanakan dapat berjalan dengan lancar. Bea Cukai Bandar Lampung sangat terbuka untuk kerja sama dan sangat mengapresiasi respon positif Pemeritah Daerah.

Sesuai amanat Peraturan Menteri Keuangan, bahwa salah satu pos penggunaan DBH CHT yang diterima Pemerintah Daerah adalah untuk kegiatan sosialisasi peraturan di bidang cukai dan program untuk menekan peredaran rokok ilegal di wilayah tersebut. Bea Cukai akan melakukan penilaian capaian kinerja Pemerintah Daerah dalam pemanfaatan DBH CHT yang diterima dimana hasil penilaian tersebut akan menjadi salah satu komponen dalam penetapan dan penghitungan alokasi DBH CHT untuk tahun anggaran berikutnya. Kedepannya diharapkan pemanfaatan DBH CHT di setiap Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung dapat berjalan secara efektif dan efisien demi mewujudkan masyarakat Lampung lebih sejahtera dan bersih dari peredaran rokok ilegal, Bea Cukai Makin Baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *