Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Bimtek Bersama Kanwil Sumbagbar

Bandar Lampung, 14 September 2020. Bea dan Cukai merupakan garda terdepan dalam pengamanan arus keluar masuk setiap barang dari dan ke luar daerah pabean. Setiap barang yang masuk ke Indonesia harus dipastikan aman untuk digunakan/dikonsumsi oleh masyarakat serta taat dalam pemenuhan kewajiban kepabeanannya, yaitu telah membayar pungutan negara yang diwajibkan sesuai peraturan perundang-undangan. Berlakunya self assessment system dalam penghitungan pungutan negara di satu sisi memberikan banyak kemudahan tetapi di sisi lain menciptakan peluang adanya ketidaktepatan dalam penghitungan baik dikarenakan kesalahan yang disengaja maupun tidak.

Mengingat pentingnya ketepatan pemberitahuan barang untuk penetapan tarif, Kanwil DJBC Sumatera Bagian Barat bersama Bea Cukai Bandar Lampung menyelenggarakan bimbingan teknis pada pekan lalu. Adapun materi yang disampaikan yaitu terkait penelitian ulang sesuai PER-25/BC/2020, klasifikasi barang dalam rangka penetapan tarif, serta penyampaian daftar barang yang berpotensi diberitahukan dengan tidak tepat untuk menghindari tarif dan/atau lartas. Materi disampaikan oleh Erwan Bagja Erawan selaku Kepala Seksi Pemeriksaan Kanwil DJBC Sumatera Bagian Barat.

Bimbingan teknis ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengetahuan kepada para peserta untuk dijadikan pedoman dalam melaksanakan tugas terutama bagi mereka yang bekerja di unit teknis. Setiap pegawai Bea dan Cukai juga diharapkan untuk selalu mengupdate dan mengupgrade ilmu, adaptif terhadap perubahan dan perkembangan teknologi, memiliki insting melayani, serta berkomitmen untuk selalu memberikan kinerja terbaik untuk Bea Cukai Makin Baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *