Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241

Dari Hulu ke Hilir Pesawaran Memberantas Rokok Ilegal

Bandar Lampung, 26 Februari 2020. Sebagai tindak lanjut pelaksanaan program kampanye Gempur Rokok Ilegal tahun 2019, Bea Cukai Bandar Lampung mengawali rangkaian kegiatan sosialisasi tahun 2020 sesuai agenda rencana kerja dengan mengunjungi Kabupaten Pesawaran. Meski lokasinya berbatasan langsung dengan Bandar Lampung dan salah satu kabupaten dengan jangkauan pengawasan terdekat dari Kantor Bea Cukai Bandar Lampung, tidak menutup kemungkinan Pesawaran masih menjadi sasaran peredaran rokok ilegal.

Salah satu upaya nyata untuk menekan tingkat peredaran rokok ilegal adalah dengan meningkatkan pemahaman masyarakat terutama para penjual eceran akan bahaya peredaran rokok ilegal termasuk ancaman pidana bagi mereka yang turut serta menyalurkan sampai ke tangan konsumen akhir. Atas dasar alasan tersebut, Bea Cukai Bandar Lampung terus memberikan sosialisasi terkait rokok ilegal kepada para penjual eceran. Sosialisasi dilakukan dengan mendatangi langsung warung-warung penjual rokok di Kabupaten Pesawaran, mulai dari Kecamatan Gedong Tataan sampai dengan wilayah pesisir pantai di Kecamatan Padang Cermin. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari mulai 24 sampai dengan 26 Februari 2020 dengan penyampaian materi di antaranya terkait kewajiban pembayaran cukai atas setiap produk barang kena cukai yang beredar, bahaya peredaran rokok ilegal baik dari sisi penerimaan negara maupun dari segi keamanan dan kesehatan masyarakat, cara-cara identifikasi rokok ilegal secara manual dan menggunakan alat (lampu sinar uv), serta pengenalan desain baru pita cukai tahun 2020 secara umum.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pemasangan banner kampanye Gempur Rokok Ilegal di beberapa titik yang ramai pengunjung dan mudah terbaca oleh masyarakat. Harapannya, semakin banyak informasi yang diterima masyarakat terkait bahaya peredaran rokok ilegal maka akan semakin rendah tingkat peredaran rokok ilegal di masyarakat. Tujuan jangka panjangnya diharapkan setiap orang yang sudah memperoleh informasi dapat menjadi mitra pemerintah dan menjadi penyalur informasi kepada orang-orang terdekat di sekitarnya. Kegiatan sosialisasi semacam ini akan terus dilaksanakan ke kabupaten-kabupaten lain di wilayah Provinsi Lampung demi mewujudkan Lampung bebas rokok ilegal dan Indonesia Maju. Bea Cukai Makin Baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *