Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Demi Kemas Kegiatan yang Menarik, Pegawai Milenial Bea Cukai Pelajari Ilmu Event Organizer

(Jakarta, 19-20 Februari 2020) – Banyaknya kegiatan yang diselenggarakan oleh unit Kehumasan Bea dan Cukai (atau yang juga dikenal dengan unit Penyuluhan dan Layanan Informasi atau PLI), menuntut para pegawainya untuk memahami keahlian event organizing. Demi menunjang hal tersebut, Direktorat Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga (KIAL) Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai menyelenggarakan Sosialisasi Penyuluhan dan Layanan Informasi yang bertema “Becoming an Entertaining Event Organizer”. Bea Cukai Bandar Lampung ikut berpartisipasi juga loh dalam acara ini. Apa saja sih rangkaian acaranya? Yuk kita simak!

Image may contain: 1 person, text

Sosialisasi yang diikuti oleh 114 perwakilan kantor vertikal dari berbagai daerah di Indonesia ini dibuka oleh sambutan Direktur KIAL, Syarif Hidayat. Dalam sambutannya Syarif berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan setiap materi yang disampaikan dengan baik. Pada hari pertama, peserta disuguhkan dengan materi seputar event organizing yang disampaikan oleh pembicara dari berbagai kalangan di antaranya ada Helmy Yahya dan Fathia Izzati dari kalangan public figure, lalu ada Deni Surhantoro selaku Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Direktorat KIAL, Ani Natalia selaku Kepala Subdirektorat Hubungan Masyarakat Perpajakan Direktorat Jenderal Pajak, dan Teddy Triatmojo selaku Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea dan Cukai Ngurah Rai. Dalam kesempatan ini Direktorat KIAL juga menyampaikan materi tambahan terkait Penelitian Surat Keterangan Asal (SKA) Form E atas Importasi Barang dari China sebagai Dampak Epidemik Virus Corona (COVID-19). Materi juga diselingi dengan live performances dari perwakilan peserta.

Lalu ada apa saja di hari kedua? Hari kedua dilanjutkan dengan materi seputar design thinking and design sprinting yang disampaikan oleh Mufti Arkan selaku Kepala Subdirektorat Penyuluhan dan Layanan Informasi Direktorat KIAL. Kemudian ada juga materi seputar emotional management yang dibawakan oleh Putri Indonesia Perdamaian 2017, Dea Rizkita.

Image may contain: 2 people, people standing and text

Setelah seluruh materi selesai, sampailah pada puncak acara, yaitu PLI Awards. PLI Awards merupakan ajang penghargaan untuk memberikan apresiasi atas kinerja unit kehumasan di kantor vertikal. Penilaian dilakukan berdasarkan challenge yang telah diikuti oleh para peserta sebelum kegiatan berlangsung. Adapun challenge yang harus diselesaikan oleh para peserta di antaranya video challenge, souvenir design challenge, event article challenge, Instagram challenge, dan event organizer challenge. Tahun ini Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok berhasil menyabet pernghargaan Best PLI.

Image may contain: 7 people

Selain sebagai ajang silaturahmi para pegawai kehumasan, kegiatan semacam ini diharapkan dapat lebih mengasah keahlian di bidangnya, khususnya keahlian event organizing. Dengan begitu, kegiatan yang bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat dapat dikemas dalam bentuk yang lebih menarik sehingga pesan kunci dapat tersampaikan dan diterima dengan baik oleh masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *