Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Dengan Proses Daur Ulang Kertas, Bea Cukai Bandar Lampung Lakukan Pemusnahan dan Penghapusan 932 Bundel Arsip

Bandar Lampung (15/06/2021) – Bea Cukai Lampung menyelenggarakan kegiatan pemusnahan dan penghapusan terhadap 932 bundle arsip yang sudah tidak memiliki nilai guna dan telah melampui jangka waktu simpan inaktif menurut jadwal retensi arsip. Kegiatan pemusnahan arsip dilaksanakan pada 14 Juni 2021 bertempat di PT Cendana Putera Lestari, Natar, Lampung Selatan. Acara tersebut dihadiri oleh Pejabat/Pegawai dari Sekretariat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai serta Pejabat/Pegawai di lingkungan Kantor Wilayah DJBC Sumatera Bagian Barat.

Arsip yang dimusnahkan dan dihapuskan terdiri dari 16 jenis dokumen mulai dari Dokumen Pengangkutan, Dokumen Impor Barang, Dokumen Ekspor Barang, Dokumen Produksi Barang Kena Cukai, Dokumen Penagihan, hingga Laporan Perkembangan Realisasi Penerimaan yang berasal  dari tahun 1991 sampai dengan tahun 2007. Pemusnahan arsip dilakukan dengan penggunaan bahan kimia (metode pulping)untuk dijadikan produk daur ulang sedangkan penghapusan arsip dilakukan dengan menghapus data pada daftar arsip Kantor Bea Cukai Lampung.

Arsip merupakan salah satu sumber informasi yang berguna dalam manjemen organisasi, termasuk bagi Kantor Bea Cukai Lampung. Pengelolaan arsip yang baik dan efektif akan mendukung pencapaian tujuan-tujuan organisasi. Arsip juga merupakan bahan pertanggungjawaban terhadap pelaksanaan tugas yang tentunya ini sejalan dengan Bea Cukai yang senantiasa memegang teguh prinsip transaparan dan akuntabel dalam menjalankan fungsinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *