Jalan Yos Sudarso, Pelabuhan Panjang – Bandar Lampung 35241
(+62-821) 8308 9999

Di Tengah Covid-19, Bea Cukai ‘Terjun’ ke Danau Ranau

Bandar Lampung (19/06/2020) – Menutup kegiatan pemantauan perkembangan harga transaksi pasar hasil tembakau periode bulan Juni 2020, Bea Cukai Bandar Lampung terjun langsung memantau harga rokok di wilayah Lumbok Seminung, Lampung Barat. Wilayah tersebut merupakan tempat Pariwisata Danau Ranau yang dikelola oleh Pemerintah Daerah Lampung Barat. Meskipun di tengah masa pandemi Covid-19 dan jauhnya perjalanan menuju ke lokasi tidak menurunkan semangat petugas bea cukai dalam melaksanakan tugas di perbatasan Provinsi Lampung dan Provinsi Sumatera Selatan ini. Kegiatan pemantauan harga transaksi pasar ini sekaligus mensosialisasikan kepada masyarakat atas barang kena cukai rokok yang melanggar ketentuan di bidang cukai.

Pada pelaksanaan tugas pemantauan harga transaksi pasar hasil tembakau tidak hanya dilakukan di wilayah Lumbok Seminung, Lampung Barat namun juga menyisir di wilayah Tanjung Bintang, Lampung Selatan. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan harga transaksi pasar yang beredar di wilayah Lumbok Seminung dan Tanjung Bintang tidak melampaui batasan harga jual eceran per batang atau gram di atasnya atau kurang dari 85% dari harga jual eceran yang tercantum dalam pita cukai hasil tembakau. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Bea dan Cukai di seluruh Indonesia pada tiap tahun dengan cara membandingkan Harga Jual Eceran (HJE) yang tercantum di pita cukai dengan harga transaksi penjual kepada konsumen akhir.

Pelaksanaan sosialisasi barang kena cukai yang bersamaan dengan tugas pemantauan harga transaksi pasar hasil tembakau dilakukan dengan menjelaskan kepada masyarakat tentang ciri-ciri barang kena cukai illegal. Masyarakat diberikan edukasi tentang barang kena cukai rokok yg wajib dilekati pita cukai, modus-modus pelanggaran, serta konsekuensi atau hukuman bagi siapa saja yang mencoba untuk melanggar ketentuan di bidang cukai. Kegiatan rutin ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan bagi masyarakat dalam pemberantasan rokok illegal serta dapat memantau perkembangan harga jual rokok sampai ke konsumen akhir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *